Antisipasi Kebakaran Kapal, Tim Terpadu Instansi Maritim Juwana Lakukan Hal Ini

Sejak 2015 hingga 2018, di wilayah Kecamatan Juwana telah terjadi 28 peristiwa kebakaran kapal.

Antisipasi Kebakaran Kapal, Tim Terpadu Instansi Maritim Juwana Lakukan Hal Ini
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyampaikan, banyaknya kapal yang berada di Juwana, di samping memberikan dampak positif yang sangat signifikan bagi perekonomian Pati 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Sejak 2015 hingga 2018, di wilayah Kecamatan Juwana telah terjadi 28 peristiwa kebakaran kapal.

Hal tersebut disampaikan oleh Kanit Gakkum Satpol Air Polres Pati Ipda Tamyis yang berbicara mewakili Tim Terpadu Instansi Maritim Juwana pada acara Koordinasi Antarinstansi Terkait Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo, Selasa (12/3/2019).

Acara bertema “Penanganan Kebakaran Kapal dan Keselamatan Kerja” tersebut dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bajomulyo, Kecamatan Juwana.

Beberapa penyebab kebakaran kapal, terang Tamyis, antara lain ialah karena pekerja pengelasan yang memperbaiki kapal tidak menyediakan alat pemadam.

Atau, kalaupun ada, alat pemadam yang disediakan telah kadaluarsa. Selain itu, penyebab kebakaran lainnya ialah tidak tersedianya blower di dalam ruang mesin.

“Padahal, aturannya, pengelasan dalam palka harus dilengkapi blower,” ujarnya.

Penyebab lain terjadinya kebakaran kapal, lanjut Tamyis, ialah karena pekerja perbaikan kapal tergesa pulang setelah melakukan pengelasan, tanpa memastikan adanya sisa bara api.

Kasus seperti ini, ujarnya, terjadi pada peristiwa kebakaran kapal di selatan Pulau Seprapat pada September 2018.

Yang lebih fatal, selama ini dalam satu peristiwa kebakaran selalu melibatkan beberapa kapal sekaligus akibat proses perbaikan kapal tidak dilakukan di dok (galangan kapal), melainkan berkumpul dengan kapal-kapal lain.

Sehingga, ketika satu kapal mengalami kebakaran, api cepat merambat ke kapal yang ada di sekitarnya.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved