Selaraskan Rencana Kerja 2020, Pemkab Pati Adakan Forum Perangkat Daerah

Forum Perangkat Daerah di Gedung DPRD Kabupaten Pati, 11 sampai 12 Maret 2019. Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD

Selaraskan Rencana Kerja 2020, Pemkab Pati Adakan Forum Perangkat Daerah
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto, dalam pembukaan Forum Perangkat Daerah di Gedung DPRD Kabupaten Pati, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Senin (11/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dalam rangka menyelaraskan program dan kegiatan yang dirancang setiap perangkat daerah dalam rencana kerja (renja) 2020, diselenggarakan Forum Perangkat Daerah di Gedung DPRD Kabupaten Pati, 11 sampai 12 Maret 2019.

Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Senin (11/3/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekda Pati Pujo Winarno, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur pimpinan dan anggota DPRD Pati, perwakilan LSM dan perguruan tinggi, serta perwakilan dari setiap kecamatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati Pujo Winarno menjelaskan, tujuan forum tersebut ialah menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan pada 6-12 Februari 2019.

"Selain itu, tujuan lainnya ialah untuk mempertajam indikator serta target program dan kegiatan perangkat daerah sesuai tupoksi. Kemudian, menyelaraskan program dan kegiatan antarperangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah," jelasnya.

Dalam forum tersebut, lanjut Pujo, juga akan dibahas mengenai penyesuaian pendanaan program dan pendanaan prioritas untuk masing-masing perangkat daerah.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa forum tersebut memang harus dilalui agar program yang akan dilaksanakan pemerintah benar-benar berdampak positif bagi masyarakat.

"Berbagai usulan pembangunan melalui Musrenbang kecamatan yang disampailan kepada kami maupun Bappeda, tidak serta merta muncul begitu saja, melainkan harus melalui proses penganggaran dan tahapan-tahapan tertentu.

Terlebih, sudah hampir tiga tahun ini kita lakukan sistem e-planning dan e-budgeting," ungkap Haryanto.

Melalui tahap perencanaan dan penyelarasan yang baik, lanjutnya, program-program yang dilaksanakan pemerintah betul-betul akan berdampak positif di lapangan.

Haryanto mencontohkan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Pati.

"Kalau kita perhatikan, menurunkan angka kemiskinan tidaklah mudah. Tahun 2013 tingkat kemiskinan sebesar 14,44%, saat ini menjadi 9,90%. Capaian itu diperoleh melalui program-program yang telah direncanakan dan dianggarkan secara rapi," jelasnya.

Program yang dimaksud Bupati Haryanto antara lain pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan penguatan UMKM.(mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved