PT PLN Sosialisasi Kompensasi Terdampak SUTET 500 Kilovolt di Wilayah Batang

Ia juga menjelaskan bahwa untuk pembayaran kompensasi direncanakan di bulan April

PT PLN Sosialisasi Kompensasi Terdampak  SUTET 500 Kilovolt di Wilayah Batang
Istimewa
PT. PLN Persero UIP Jawa Bagian Tengah II melaksanakan sosialisasi kompensasi tanah, tanaman dan bangunan dan di bawah ruang bebas Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kVTX ( Ungaran-Pedan) - Batang - Mandiracan di Desa Kebumen Kecamatan Tersono. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - PT PLN Persero UIP Jawa Bagian Tengah II melaksanakan sosialisasi kompensasi tanah, tanaman dan bangunan dan di bawah ruang bebas Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kVTX ( Ungaran-Pedan) - Batang - Mandiracan di Desa Kebumen Kecamatan Tersono.

Dalam rilis tertulis Asisten Manajer Pertanahan PT. PLN Persero UIP Jawa Bagian Tengah II, Listia Ningrum mengatakan kegiatan tersebut merupakan sosialisasi kompensasi terdampak Sutet untuk tanah, tanaman dan bangunan dan di bawah ruang bebas SUTET.

"Ini baru sosialiasai tahapan pemberian kompensasi, masih ada tahapan seperti pendatan, inventarisasi dan identifikasi pemilik, Pengumuman hasil inventarisasi dan identivikasi pemilik, pengadaan lembaga penilai, penilaian, penyampaian nilai dan pemberian kompensasi," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk pembayaran kompensasi direncanakan di bulan April.

Hal itu dikarenaka pada pertengahan tahun 2019 sudah dapat mengalirkan daya yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik yang berada di Batang, Indramayu, dan Cirebon.

"Kompensasi diberikan hanya satu kali selama transmisi beroperasi, kalau tanah di pindah tangankan atau di di jual tidak berhak meminta kompensasi," ujarnya.

Dijelaskan pula bahwa untuk penaksiaran harga dari Kantor Jasa Penilai Publik ( KJPP) atau appraisal dan PT. PLN hanya sebagai juru bayar saja.

Pemberian kompensasi tanah, tanaman dan bangunan merujuk pada dasar undang- undang Republik Indonesia No. 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

Peraturan Pemerintah RI No. 14 Tahun 2012 tentang kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik, Permen ESDM No. 18 Tahun 2015 tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum, Permen ESDM No. 27 tahun 2018 tentang kompensasi atas tanah bangunan dan tanaman yang berada di bawah ruang bebas jaraingan transmisi tenga listrik.

Bagian Pemerintahan melalui Kasubag Pemerintahan Fakhrurozi, jarungan SUTET di Kabupaten Batang melintasi di 30 Desa yang berada di 9 kecamatan di wilayah kabupaten Batang ini akan menggunakan tanah warga sebagai tapak SUTET.

"Pembebasan dan Pembangunan SUTET sudah selesai pembebasanya, dan kali ini pada tahapan sosialiasi kompenasi tanah, tanaman dan bangunan dan di bawah ruang bebas," Kata Fakhurozi.

Ia juga menjelaskan dari sembilan Kecamatan di Kabupaten Batang itu di antaranya Kecamatan Tersono, Limpung, Banyuputih, Pecalungan. Subah, Tulis. Bandar, Wonotunggal dan Warungasem dengan jumlah 30 desa yang akan di lalui SUTET.(din)

Tags
PLN
sutet
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved