Pemkab Pati Dorong Masyarakat Laporkan SPT Tahunan Melalui Layanan E-Filing

seluruh wajib pajak Kabupaten Pati dapat segera menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) melalui e-Filing.

Pemkab Pati Dorong Masyarakat Laporkan SPT Tahunan Melalui Layanan E-Filing
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Haryanto, dalam acara tersebut, juga memotivasi masyarakat untuk selalu patuh pajak 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Sejak Januari 2018, penerimaan pajak daerah di Kabupaten Pati seluruhnya telah terlayani secara daring, host to host bekerja sama dengan Bank Jateng.

Pelayanan penerimaan pajak daerah tersebut dilakukan melalui aplikasi Pajak’e Go, e-PBB, dan e-BPHTB.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati Turi Atmoko dalam acara “Hari Panutan Pajak dan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2018 secara e-Filing” yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (13/3/2019).

Turi juga menyampaikan, penerimaan retribusi daerah yang meliputi retribusi pasar, rusunawa, terminal, menara, dan pemakaian kekayaan daerah juga telah terlayani secara daring sejak 23 Februari 2019 melalui aplikasi Satrio Pasar dan Simpatik.

“Pembayaran retribusi kir, atau pengujian kendaraan bermotor juga telah terlayani secara daring melalui aplikasi e-Kir sejak 8 Maret 2018. Adapun retribusi PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) direncanakan akan mulai terlayani secara daring pada April 2019,” jelasnya.

Pelayanan secara daring tersebut, lanjut Turi, dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat serta meningkatkan transparansi pengelolaan pajak dan retribusi daerah.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pati Sudarmawan Haris Hartadi berharap seluruh wajib pajak di Kabupaten Pati dapat segera menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) melalui e-Filing.

“Kalau masih pakai cara manual, kita akan ketinggalan zaman. Penggunaan e-Filing ini lebih singkat dan mudah. Selain itu juga tidak terbatas waktu dan tempat,” ujarnya.

Sudarmawan meyakini, pada saatnya nanti penyampaian SPT Tahunan hanya bisa dilakukan melalui e-Filing, cara manual akan sama sekali ditinggalkan.

“Kalau sudah ada aturannya, mau tidak mau nanti harus pakai e-Filing seluruhnya. Karena itu, daripada belajar (menggunakan e-Filing) nanti, lebih baik mulai dari sekarang. Kalau belum jelas, kami persilakan datang ke kantor untuk berkonsultasi,” tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved