Begini Cara Jamkrindo Bantu UMKM Jawa Tengah Mudah Mengakses Permodalan

Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) akan memberikan pemeringkatan UMKM yang ada di Indonesia.

Begini Cara Jamkrindo Bantu UMKM Jawa Tengah Mudah Mengakses Permodalan
TRIBUN JATENG/RIVAL AL MANAF
Kepala Divisi Manajemen Risiko Perum Jamkrindo Ceriandri Widuri memberi kenang-kenangan kepada perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng di Kota Semarang, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) akan memberikan pemeringkatan UMKM yang ada di Indonesia.

Mereka akan mengumpulkan data pelaku industri mikro, kecil, hingga menengah untuk menentukan UMKM layak kredit.

Setiap UMKM nantinya akan memiliki akun di umkmlayak.co.id.

Situs itu menjadi alat analisis kelayakan usaha sekaligus mempertemukan UMKM layak kredit dengan lembaga keuangan penyalur kredit, baik perbankan maupun jasa keuangan lainnya.

Kepala Divisi Manajemen Risiko Perum Jamkrindo Ceriandri Widuri menjelaskan, program itu saat ini masih dalam tahapan percontohan.

Sebagai langkah awal, Jamkrindo memilih empat provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali dalam menerapkan program UMKM tersebut.

"Hari ini mulai kami buka di Jateng. Sudah ada sekitar 125 UMKM yang teregister di situs, namun untuk proses perankingannya memang belum tampak karena harus ada proses penilaian dahulu," terang Ceriandri, Jumat (15/3/2018).

Ia menargetkan, dalam beberapa bulan ke depan setidaknya ada seribu UMKM yang terdata di situs UMKM Layak Jamkrindo.

Mereka akan dinilai kelayakan usaha UMKM melalui sistem pemeringkatan yang mengintegrasikan metodologi Jamkrindo Scoring (JScore), psikometrik, LPIP (Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan), dan data NIK.

UMKM yang kemudian dinilai layak akan diberikan kemudahan dalam mengakses permodalan dari lembaga keuangan mitra Jamkrindo.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved