Cara Unik Iqbal Sebut Nama Ganjar Pranowo, Tangannya Pegang Rambut dan Digerakkan ke Sisi Kanan

Iqbal menyampaikan aspirasinya kepada Ganjar Pranowo soal ketersediaan akses untuk para difabel, khususnya tunarungu di Kabupaten Magelang.

Cara Unik Iqbal Sebut Nama Ganjar Pranowo, Tangannya Pegang Rambut dan Digerakkan ke Sisi Kanan
ISTIMEWA
Iqbal, difabel tunarungu asal Kabupaten Temanggung saat diberi kesempatan untuk berkeluh kesah di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Musrenbangwil se-Eks Karesidenan Kedu, Jumat (15/4/2019) di Pendopo Kantor Pemkab Magelang. 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibikin tersipu melihat Iqbal, difabel tunarungu asal Kabupaten Temanggung yang hadir dalam Musrenbangwil se-Eks Karesidenan Kedu, Jumat (15/4/2019) di Pendopo Kantor Pemkab Magelang.

Pasalnya baru kali ini Ganjar dipanggil oleh penyandang disabilitas menggunakan bahasa isyarat yang unik.

Mulanya Iqbal menyampaikan aspirasinya kepada Ganjar Pranowo soal ketersediaan akses untuk para difabel, khususnya tunarungu.

Kepada Ganjar, dia mengungkap kekecewaannya karena dia dan kawan-kawannya merasa kesulitan saat mengunjungi pelayanan publik maupun perkantoran.

"Bagaimana pelibatan disabilitas tentang pembangunan akses, pelayanan publik saat antre. Untuk temen-temen tunarungu tidak ada aksesnya," kata Iqbal.

Saya ingin, kata Iqbal yang diterjemahkan juru bahasa isyarat, semua bank, kantor, rumah sakit, dan pelayanan publik ada layar monitornya.

"Kami tidak ingin dikasihani, tapi kami butuh akses. Kesetaraan antarsesama agar kami saling memahami," katanya.

Begitu menyampaikan keluhannya itu, Iqbal lantas minta pada Ganjar terkait ketersediaan guru juru bahasa isyarat, khususnya di eks Karesidenan Kedu.

Hal itu agar komunikasi antara yang tunarungu dengan yang tidak, semakin baik.

"Sebab, relawan juru bahasa isyarat di Kedu masih sedikit. Seperti yang Ganjar lihat ini (juru bahasa isyarat) sangat sedikit. Kami perlu fasilitas untuk guru juru bahasa isyarat," katanya.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved