Jika Tidak Dibalas Saat Ketuk Pintu Tanda Rumah Tak Berpenghuni, Cara Pelaku Bobol Rumah di Salatiga

Jajaran Reskrim Polres Salatiga menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan spesialis rumah kosong, Selasa (5/3/2019).

Jika Tidak Dibalas Saat Ketuk Pintu Tanda Rumah Tak Berpenghuni, Cara Pelaku Bobol Rumah di Salatiga
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Kedua pelaku spesialis rumah kosong diintrograsi Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono di Mapolres Salatiga, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Jajaran Reskrim Polres Salatiga menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan spesialis rumah kosong, Selasa (5/3/2019).

Pelaku ialah Iwan Purnama (36) warga Rt 03 Rw 10, Kelurahan Pangauban Kecamatan Ketapang Kabupaten Bandung dan Zainudin (41) warga Rt 03 Rw 03 Desa Kutayasa Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan, dalam operasinya modus pelaku berpura-pura mengetuk pintu rumah korban apabila tidak ada jawaban, mereka beraksi.

"Tapi kalau ada yang membukakan, pelaku mengaku seolah-olah salah alamat rumah yang hendak dituju," terangnya kepada Tribunjateng.com dalam gelar perkara di Mapolres Salatiga, Jumat (15/3/2019).

Menurut AKBP Gatot, kedua pelaku terbukti melanggar hukum melakukan tindak pidana itu.

Mereka mencongkel pintu rumah korban sekaligus pelapor Aries Sigit Prasetyo (47) warga Apartemen Cabean Indah Rt 02 Rw 14 Kelurahan Mangunsari Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga pada Rabu (5/02/2019) sekitar pukul 11.45.

Dikatakan Kapolres, diketahui tersangka merupakan seorang residivis dan pernah melakukan tindak pidana serupa di Kabupaten Magelang dan Banjarnegara.

"Dari hasil penyelidikan petugas kepolisian menyita barang bukti seperti sepeda motor Vario warna hitam 2018. Lalu 1 buah handphone merk Apple dan beberapa kamera serta handycam, juga jam tangan berbagai merek," katanya.

Kepada para tersangka dikenakan Pasal 363 KUHAPidana, ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun kurungan.

Di luar itu kata dia, polisi juga menyita barang bukti lain berupa sebuah linggis warna merah buah dan beberapa obeng warna hijau yang diduga digunakan pelaku saat beraksi.

"Kedua tersangka ditahan Rutan Polres Salatiga karena perkaranya masih dalam proses penyidikan lebih lanjut," jelasnya. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved