Pemkab Pekalongan Inginkan Manggis Paninggaran Dikenal Mancanegara, Begini Upayanya

Melihat potensi manggis di Kecamatan Paninggaran, Pemkab Pekalongan wacanakan jalin kerja sama dengan para eksportir.

Pemkab Pekalongan Inginkan Manggis Paninggaran Dikenal Mancanegara, Begini Upayanya
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Seorang pembeli tengah memilih manggis di pengepul yang ada di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan, Kamis (15/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Melihat potensi manggis di Kecamatan Paninggaran, Pemkab Pekalongan wacanakan jalin kerja sama dengan para eksportir.

Hal tersebut dilakukan agar para petani belajar memasarkan manggis ke mancanegara.

Kasi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKP) Kabupaten Pekalongan Rintono menjelaskan, pelatihan juga perlu diberikan selain kerja sama dengan eksportir.

"Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, terutama pada proses pemetikan dan pasca panen agar manggis dapat terjaga kualitasnya hingga ke tingkat konsumen," katanya, Kamis (14/3/2019).

Rintono menuturkan, petani manggis di Kecamatan Paninggaran perlu difasilitasi agar memiliki wawasan dan bisa belajar tentang pemasaran kepada para importir buah.

"Kami akan coba mendorong ke pemerintah terkait pengadaan packing house, agar jangkauan pemasaran manggis lebih luas," ujarnya.

Dia memprediksi dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun mendatang, produksi manggis di Paninggaran akan meningkat.

"Karena pohon manggis di Kecamatan Paninggaran sangat banyak yang mencapai 15 ribu pohon. Ini merupakan potensi besar jika benar-benar dilakukan pengembangan," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved