Rotasi Kepala Perwakilan BI Jateng, Ganjar Ingin Kerjasama Menekan Inflasi Terus Berjalan

Kepala perwakilan BI Jawa Tengah Suko Wardoyo diharapkan tetap mampu menekan inflasi di Jateng

Rotasi Kepala Perwakilan BI Jateng, Ganjar Ingin Kerjasama Menekan Inflasi Terus Berjalan
Tribunjateng.com/Rival Al-Manaf
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng saat memberikan sambutan dalam serah terima jabatan Kepala Perwakilan BI Jateng, di Semarang, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala perwakilan BI Jawa Tengah Suko Wardoyo diharapkan tetap mampu menekan inflasi di Jateng.

Harapan itu disampaikan oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam serah terima jabatan kepala perwakilan BI Jateng, Jumat (15/3/2019).

Suko yang sebelumnya menjabat sebagai kepala perwakilan BI Sulawesi Utara kini diangkat untuk mengisi posisi yang sama di Jateng.

Sementara Hamid Ponco Wibowo yang sebelumnya menjabat di Jateng kini diangkat menjadi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta.

"Kehadiran BI ini sangat penting bagi kami. Banyak persoalan yang kami kurang terlalu jeli melihatnya dan BI hadir membantu mengusulkan solusi," terang Ganjar dalam sambutannya.

Ia menyebutkan salah satu contohnya adalah inflasi di Jateng. Menurutnya dari dalam gedung BI Jateng muncul cara-cara untuk mengendalikan dengan cara baik dan cepat.

"Contohnya kemarin saat harga cabai anjlok, pemerintah provinsi diminta untuk mengambil langkah. Membeli komoditi itu dari petani. Petani jual Rp 8 ribu per kilo, saya tawar jadi Rp 18 ribu, kami beli," beber Ganjar di depan podium.

Meski setelahnya ia kemudian banyak diprotes oleh tengkulak. Namun langkah itu dipandangnya cukup efektif.

Pendampingan dan kerjasama semacam itu ia harapkan tetap berlanjut saat tampuk kepemimpinan beralih ke Suko Wardoyo.

Apa yang disampaikan Ganjar, diamini oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng. "Inflasi di Jateng dilihat dari Februari lalu memang terendah, bahkan bisa saya bilang paling rendah dalam sejarah Jateng diangka 1,57 persen," imbuh Sugeng.

Meski demikian, rotasi di tingkat pimpinan perwakilan menurutnya tetap dipandang perlu. Memimpin dari satu daerah ke daerah lainnya akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan tiap kepala perwakilan.

"Kami berharap pengalaman di Menado yang dimiliki pak Suko bisa menjadi modal untuk menaklukan tantangan yang ada di Jateng ini," beber Sugeng. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved