Hadir di Kabupaten Pekalongan, Menteri UMKM Minta Koperasi Ikut Perkembangan Zaman

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), minta koperasi di Indonesia merubah mingset menjadi koperasi kekinian

Hadir di Kabupaten Pekalongan, Menteri UMKM Minta Koperasi Ikut Perkembangan Zaman
Tribunjateng.com/Budi Susanto
Menteri UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, meninjau bazar UMKM bentukan Kospin Jasa di Ponpes Modern Al Quran Buaran Kabupaten Pekalongan, Sabtu (16/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), minta koperasi di Indonesia merubah mingset menjadi koperasi kekinian.

Pasalnya menurut Menteri UMK, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, perekonomian Indonesia sudah memasuki masa revolusi industri.

"Koperasi sekarang diarahkan ke kualitas bukan lagi mengejar kuantitas, revolusi industri harus diterima dan koperasi harus bisa menyesuaikan perubahan zaman," katanya usai menghadiri rapat anggota tahunan ke-45, Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) di Ponpes Modern Al Quran Buaran Kabupaten Pekalongan, Sabtu (16/3/2019).

Menteri UMKM menuturkan zaman sudah berubah, dan kini aplikasi merajai serta berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Itulah revolusi industri, koperasi harus bisa mengikuti revolusi industri dengan menerapkan teknologi jaman kini," paparnya.

Agung menjelaskan perkembangan perekonomian koperasi di Indonesia pada 2014 mencapai 1,71 persen dan terus meningkat.

"Pada 2017 meningkatkan menjadi 4,48 persen, sedangkan 2018 diatasi 5 persen. Kami terus mendorong agar koperasi tetap bertahan selain melakukan kerjasama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, koperasi yang ada di daerah juga kami instruksikan untuk bisa mengikuti perkembangan zaman," imbuhnya.

Dia juga menyinggung koperasi terbesar di Indonesia yaitu Kospin Jasa yang sudah berusia hampir 50 tahun.

"Kospin Jasa merupakan koperasi besar dan jumlah anggotanya terus meningkat, kami berharap Kospin Jasa bisa memberikan contoh serta berkontribusi untuk mensejahterakan masyarakat bersama pemerintah," tambahnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved