Gunakan Crane, Bawaslu Batang Copot Ratusan APK yang Melanggar

Dalam penertiban tersebut saat melepaskan APK di papan reklame, Bawaslu dan tim gabungan menggunakan crane Dishub Batang

Gunakan Crane, Bawaslu Batang Copot Ratusan APK yang Melanggar
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Pencopotan APK yang terpasang di Papanreklame di Jalan Jenderal Sudirman, Senin (18/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang bersama tim gabungan Polres Batang, Satpol PP, dan KPU Batang melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang dinilai melanggar peraturan, Senin (18/3/2019).

Dalam penertiban tersebut saat melepaskan APK di papan reklame, Bawaslu dan tim gabungan menggunakan crane Dishub Batang.

Divisi Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu, Mahbrur mengatakan penertiban APK yang melanggar tersebut dilakukan berdasarkan dengan peraturan SK Bupati Batang Nomor 270/183/2018 mengenai penetapan tempat lokasi kampanye Pilgub 2018 dan Pemilu 2019.

"Penertiban ini dilakukan dengan melepas APK dengan sasaran lokasi yang dilarang sesuai dengan SK Bupati dan peraturan KPU, pelepasan APK kami gunakan crane meminjam Dishub karna memang pencopotan APK yang berada di papan reklame yang cukup tinggi," tuturnya.

Dalam penertiban itu, melibatkan 50 Personil yang dibagi dalam empat tim.

"Empat tim gabungan disebar di seluruh wilayah Batang, dibagi jalur pantura, tim selatan, utara dan barat.

Untuk di jalan pantura Jenderal Sudirman, Veteran dan Kartini kami sudah mencopo 139 APK di antaranya spanduk, baliho, bendera,"ujarnya.

Dijelaskan Mahbrur, sebelum penertiban ini pihaknya telah melakukan sesuai mekanisme yang sudah progresif, dari surat pemberitahuan hingga surat himbauan.

"Seharusnya sudah tau dengan peraturan itu, karena sudah berlaku dari Pilgub. Kami sudah berikan surat pemberitahuan dan himbauan bahkan surat rencana penertiban namun masih banyak yang terpasang sehingga harus ditindak dengan pencopotan," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved