Kisah Guru Di Kabupaten Tegal, Sering Menulis Buat Dirinya Bisa Jelajahi Thailand

Berkat menulis, seorang guru yang biasa mengajar di wilayah Pantura Kabupaten Tegal ini bisa mendapatkan kesempatan jelajah literasi ke Thailand.

Kisah Guru Di Kabupaten Tegal, Sering Menulis Buat Dirinya Bisa Jelajahi Thailand
Istimewa
Endang Listiawati saat berada di Thailand bulan Februari 2019 lalu.

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berkat menulis, seorang guru yang biasa mengajar di wilayah Pantura Kabupaten Tegal ini bisa mendapatkan kesempatan jelajah literasi ke negeri gajah putih, Thailand.

Ya, namanya, Endang Listiawati. Sehari-hari, ibu dari dua anak ini mengajar di SDN Gembongdadi 01, Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.

Selain menjadi guru, dia juga gemar menulis tentang kehidupan yang akhirnya mengantarkan dirinya ke Bangkok, Thailand.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini berhasil mengikuti kegiatan jelajah literasi di Thailand selama tiga hari.

Saat mendapatkan kesempatan itu, dia mengaku sangat senang, hingga akhirnya harus meminta ijin ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal agar bisa berangkat.

"Alhamdulillah saya mendapatkan ijin untuk mengikuti kegiatan itu. Saya diberi ijin mulai dari tanggal 15 - 18 Februari 2019 kemarin," kata Endang, guru berumur 38 tahun itu, saat ditemui Tribunjateng.com, Senin (18/3/2019).

Wajib Lakukan Lompatan Baru Guna Capai Target PAD 2019, Desakan Bupati Tegal Kepada Pimpinan OPD

Endang menuturkan, buku yang ditulisnya itu berjudul 'Memeluk Takdir' dan 'Kubuka Hati Meraih Cita'.

Kedua buku itu menceritakan tentang biografinya atau perjalanan hidupnya sejak masih sekolah hingga diangkat menjadi PNS.

Dia menulis di buku itu setelah dirinya mengikuti pelatihan Satu Guru Satu Buku yang digelar di Hotel Grand Dian Slawi pada 2018 lalu.

"Setelah mengikuti pelatihan itu, hati saya mulai tergugah untuk menulis. Akhirnya saya menulis tentang biografi saya di buku. Kemudian buku itu diminta oleh salah satu penerbit buku di Surabaya," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved