Massa Tuman-Susi Bentrok Dalam Simulasi Pengamanan Pemilu Polres Pekalongan

Kegaduhan tersebut terjadi lantaran pendukung Tuman-Susi tak terima atas keputusan KPU.

Massa Tuman-Susi Bentrok Dalam Simulasi Pengamanan Pemilu Polres Pekalongan
Tribun Jateng/Budi Susanto
Bentrok yang terjadi antara massa dan pihak keamanan dalam simulasi, di Jalan Rinjani Kabupaten Pekalongan, Senin (18/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Massa pendukung Paslon Tuman-Susi bentrok dengan petugas keamanan.

Bahkan kedua kubu sempat baku hantam, yang diakhiri dengan tertembusnya kaki seorang pelaku bentrok oleh timah panas petugas.

Kegaduhan tersebut terjadi lantaran pendukung Tuman-Susi tak terima atas keputusan KPU.

Peristiwa itu terjadi dalam simulasi pengamanan Pemilu yang dilakukan jajaran Polres Pekalongan dan Kodim 0710, di Jalan Rinjani Komplek Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (18/3/2019).

Simulasi tersebut sengaja digelar jelang pelaksanaan Pemilu yang kurang dari satu bulan.

Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan mengatakan, simulasi dilakukan guna mengetahui kesiapan anggota dalam pengamanan Pemilu April mendatang.

“Dengan simulasi ini, anggota akan tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi permasalahan."

"Jadi anggota akan melaksanakan tugas sesuai SOP, dan juga anggota dilatih untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Adapun Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf Arfan Johan Wijayanto menjelaskan, pihaknya mendukung konsep pengamanan Polres Pekalongan dalam Pemilu.

“Menjaga kondusifitas wilayah merupakan tugas bersama, maka dari itu kami mendukung pengamanan Pemilu dengan menempatkan 100 personel di Kabupaten Pekalongan," tuturnya.

Sementara itu Sekda Pemkab Pekalongan Mukaromah Syakoer berharap, dengan adanya simulasi pengamanan, Pemilu bisa berjalan lancar dan aman.

“Kami juga mengajak salurkan masyarakat di Kabupaten Pekalongan untuk menggunakan hak pilihnya dan jangan sampai Golput, sehingga Pilpres dan Pileg bisa berjalan lancar tanpa ada halangan,” tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved