Menteri Puan Tantang Mahasiswa ISI Solo Padukan Seni dengan Teknologi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menantang mahasiswa ISI Surakarta memadukan seni dan teknologi, dalam Era Industri 4.0.

Menteri Puan Tantang Mahasiswa ISI Solo Padukan Seni dengan Teknologi
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani berswafoto dengan mahasiswa ISI Surakarta di gedung Teater Besar Umardani (ISI) Surakarta, Senin (18/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menantang mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memadukan seni dan teknologi, dalam Era Industri 4.0.

"Saat ini, kita berada di era digital dan teknologi, sehingga keindahan gerak, keindahan suara, keindahan visual, dapat dibuat sedemikian beragam dengan berbagai teknik berbasiskan teknologi," kata Puan dalam Kuliah Umum di gedung Teater Besar Umardani (ISI) Surakarta, Senin (18/3/2019).

Puan Maharani Apresiasi Wisuda 42 Orang PKH oleh Bupati Sragen

Dia mencontohkan pembuatan film animasi yang memadukan antara teknologi dengan seni lukis, gerak, dan audio.

Puan juga berpendapat ISI perlu menyiapkan mahasiswa agar terampil memanfaatkan teknologi informasi dalam berkarya.

“Visi ISI Surakarta adalah menjadi perguruan tinggi seni berbasis kearifan budaya nusantara yang berkelas dunia. Oleh karena itu, selain membangun sisi keterampilan dan keahlian, ISI Surakarta, diharapkan juga dapat memperkuat komitmen untuk membangun ketahanan budaya bangsa berbasiskan budaya nusantara," kata Puan.

Putri kandung Megawati Soekarno Putri itu mengajak para mahasiswa aktif mempertahankan nilai luhur seni budaya dalam menghadapi nilai komersial, kepraktisan, fungsional, dan lain sebagainya. (Daniel Ari Purnomo)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved