Pemkab Pekalongan Bantu Bibit Padi Unggul Untuk Petani Pegunungan

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan berikan bantuan kepada petani padi di Kecamatan Petungkriyono

Pemkab Pekalongan Bantu Bibit Padi Unggul Untuk Petani Pegunungan
Istimewa
Seorang petani padi di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, tengah menanam bibit padi di sawah, Senin (18/3/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan berikan bantuan kepada petani padi di Kecamatan Petungkriyono.

Bantuan berupa bibit unggul diberikan guna meningkatkan produktifitas petani.

Kepala DKPP Kabupaten Pekalongan, Siswanto menerangkan, produktifitas persawahan di daerah atas terkendala karena jenis padi tidak sesuai dengan kondisi alam.

"Produktifitas tanaman padi antara daerah pegunungan dengan daerah bawah cukup tinggi."

"Satu hektare sawah di wilayah atas hanya mampu menghasilkan 3 ton gabah, sedangkan di daerah bawah produktivitasnya mencapai 11 ton setiap hektarnya," jelas dia, Senin (18/3/2019).

Untuk mengatasi permasalah tersebut, lanjut Siswanto, para petani di daerah atas Kota Santri akan dilatih sistem pertanian dan pengelolaan areal persawahan.

"Selain itu kami juga akan memberikan bantuan berupa bibit padi unggul berjenis Inpari32, Inpari33, Ciherang, dan Situbagendit ke para petani."

"Kami sudah mengawali pemberian bantuan bibit unggul ke Kecamatan Paninggaran, dan Kandangserang," paparnya.

Ditambahkannya, DKPP juga akan memberikan pelatihan rekayasa tanah dan pemupukan ke petani padi di daerah atas.

"Adanya pemberian bibit unggul, pelatihan tentang rekayasa lahan dan pemupukan, kami harap bisa meningkatkan produktifitas padi di daerah atas agar hasil panennya melimpah seperti di daerah bawah Kabupaten Pekalongan," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved