Persiapan HUT ke-100, Damkar Kota Semarang Siapkan Atraksi Penyelamatan

Berbeda dibanding tahun lalu yang menggunakan rumah-rumahan sebagai media yang dibakar, kali ini Damkar Semarang menggunakan mobil

Persiapan HUT ke-100, Damkar Kota Semarang Siapkan Atraksi Penyelamatan
Istimewa
Para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) saat melakukan atraksi simulasi pemadaman rumah-rumahan yang dibakar di Halaman Kantor Dinas Damkar Kota Semarang, Jalan Madukoro Raya, Semarang, Jawa Tengah, pada 2018 lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memperingati HUT ke-100 Damkar, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang akan menggelar sejumlah atraksi penyelamatan dan pemadaman saat terjadi kecelakaan dan kebakaran.

Atraksi tersebut akan dilaksanakan tepat usai Upacara Peringatan HUT ke-100 Damkar di Halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Rabu (20/3/2019) mendatang.

“Salah satu atraksinya adalah penyelamatan unit mobil yang mengalami kecelakaan."

"Korban yang terjepit di dalam mobil kami selamatkan,” tutur Kabid Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Trijoto Poejo Sakti kepada Tribunjateng.com, hari ini, Senin (18/3/2019).

Berbeda dibanding tahun lalu yang menggunakan rumah-rumahan sebagai media yang dibakar, kali ini Damkar Semarang menggunakan mobil.

“Unit mobil tersebut juga akan dibakar, lalu kami lakukan pemadaman,” imbuhnya.

Dijadwalkan juga Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) hadir dalam kegiatan tersebut.

Hendi juga akan menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang Damkar National Skill Competition 2019 yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Damkar Kota Semarang meraih juara 2 dalam kategori Hose Laying di lomba tersebut.

“Harapannya, tentu Damkar di usia yang sudah ke seratus tahun semakin jaya dan solid.”

“Terutama dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan pemadaman maupun penyelamatan,” pungkas Trijoto.

Selain upacara dan atraksi, ada juga rangkaian acara yang lain seperti lomba-lomba seperti lomba ketangkasan, yel-yel, pemakaian Alat Pelindung Diri (APD), Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan tarik  tambang, pada Selasa (19/3/2019) besok di lokasi yang sama. (Reza Gustav)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved