3 Tahun Pendapatan Daerah Landai, Bupati Tegal Sebut OPD Main Aman

Perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tegal dinilai landai selama tiga tahun terakhir ini.

3 Tahun Pendapatan Daerah Landai, Bupati Tegal Sebut OPD Main Aman
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Bupati Tegal Umi Azizah di acara Capacity Building Perangkat Desa se-Kecamatan Balapulang di Gedung Pertemuan UPTD Guci, Senin (11/2/2019) siang kemarin 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tegal dinilai landai selama tiga tahun terakhir ini.

Sejak 2015, capaian PAD di Kabupaten Tegal tidak terlalu signifikan dan terkesan pas-pasan dalan meraih target.

Hal itu dikeluhkan Bupati Tegal, Umi Azizah kepada Tribunjateng.com, saat acara Kabar Bupatiku dengan Tema Target dan Strategi Pencapaian Pendapatan Daerah Tahun 2019, di Kantor BP2D Kabupaten Tegal, Senin (18/3/2019) kemarin.

Umi menuturkan, capaian PAD Kabupaten Tegal sempat tinggi saat di periode tahun 2014 - 2015 lalu.

Saat itu, Pemkab Tegal melalui seluruh OPD-nya berhasil meraih dan bahkan melampaui target PAD hingga Rp 300 miliar lebih.

"Setelah tahun 2015, capaian PAD terkesan landai. Saya lihat, OPD-OPD cenderung main aman dan menurunkan target PAD selama tiga tahun terakhir ini," ujar Umi, usai acara kepada Tribunjateng.com.

Orang nomer satu di Kabupaten Tegal ini menilai sebagian besar OPD hanya bekerja di zona nyaman, dengan mempertimbangkan target PAD sesuai capaian tahun-tahun sebelumnya.

Padahal, Umi melihat masih banyak potensi yang bisa digali untuk melampaui target PAD, apabila mulai menerapkan e-Retribusi.

"Misalkan retribusi tarif masuk obyek wisata, seharusnya ga perlu pake kertas-kertas lagi yang kemudian bakal menambah biaya pencetakan karcis. Kalo menerapkan e-Retribusi justru akan mempermudah segala hal," cetus Umi.

Sementara, Assisten Bidang Administrasi Pemerintahan Kabupaten Tegal, Eko Jati Suntoro berharap agar di tahun 2019 ini, jajaran OPD bisa membuat kegiatan inovatif yang mampu mendongkrak PAD.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved