Apa Itu Rekam Medis?

Rekam medis adalah catatan dan dokumen yang berisi tentang kondisi keadaan pasien yang akan dijadikan dasar didalam menentukan tindakan Iebih lanjut.

Apa Itu Rekam Medis?
IST
Ilustrasi Rekam Medis 

Oleh Qonita Ulfiana S, S.T., M.Kes, Dosen Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan-Universitas Nasional Karangturi

TRIBUNJATENG.COM - Apakah anda mengenal rekam medis? Dalam artian sederhana rekam medis adalah catatan dan dokumen yang berisi tentang kondisi keadaan pasien, tetapi jika dikaji lebih mendalam rekam medis mempunyai makna yang Iebih kompleks tidak hanya catatan biasa, karena didalam catatan tersebut sudah tercermin segala informasi menyangkut seorang pasien yang akan dijadikan dasar didalam menentukan tindakan Iebih lanjut dalam upaya pelayanan maupun tindakan medis Iainnya yang diberikan kepada seorang pasien yang datang ke rumah sakit.

Menurut PERMENKES No: 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis, Rekam Medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien.

Lalu apa saja isi dari rekam medis? Secara umum isi dari rekam medis terbagi menjadi dua kelompok yaitu:

1. Data klinis atau data medis, yaitu segala data tentang riwayat penyakit, hasil pemeriksaan fisik, diagnosis, pengobatan serta hasilnya, laporan dokter, perawat, hasil pemeriksaan laboratorium, rontgen, scanning, dan lain-lain-lain.

2. Data demografi , yaitu segala data pendukung yang tidak berhubungan secara langsung dengan data medis, seperti identitas, data social ekonomi, alamat, dan lain sebagainya. Isi dari rekam medis baik data klinis maupun data demografi  itu bersifat rahasia. Maka dari itu di setiap dokumen rekam medis selalu tertulis kata “RAHASIA”. Isi dari dokumen rekam medis itu bersifat rahasia, yaitu menjelaskan hubungan yang khusus antara pasien dengan dokter yang wajib dilindungi sesuai dengan kode etik kedokteran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Qonita Ulfiana S, S.T., M.Kes.
(Dosen Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan-Universitas Nasional Karangturi)
Qonita Ulfiana S, S.T., M.Kes. (Dosen Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan-Universitas Nasional Karangturi) (IST)

Apa fungsi rekam medis? Rekam medis mempunyai kegunaan yang sangat luas, karena tidak hanya menyangkut antara pasien dengan pemberi pelayanan kesehatan saja.

Secara umum antara lain sebagai  alat komunikasi antara dokter dengan tenaga ahli lainnya  didalam proses pemberian pelayanan, pengobatan, dan perawatan kepada pasien, dasar untuk merancanakan pengobatan/perawatan yang diberikan kapada pasien, bukti tertulis maupun terekam atas segala tindakan pelayanan, sebagai dasar didalam perhitungan biaya pembayaran pelayanan medis yang diterima oleh pasien, sebagai bahan pertanggung jawaban dan laporan.

Saat ini, berkembangnya IPTEK, kebutuhan akan proses informasi yang cepat dan tepat, serta kemudahan akan pelayanan, akan mewujudkan kualitas kesehatan yang baik di indonesia, rekam medis berkembang menjadi salah satu jurusan yang paling dicari.

Perekam medis dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik dokter, dosen, dinas kesehatan atau sebagai konsultan mandiri dan lain sebagainya.

Sudah tau 'kan apa itu rekam medis? Tertarik belajar lebih dalam tentang rekam medis? Terdapat puluhan perguruan tinggi dengan program studi rekam medis di indonesia.

Semakin berkembangnya Unit Pelayanan Kesehatan di Berbagai daerah di indonesia, membuat permintaan akan sumber daya manusia di bidang kesehatan khususnya rekam medis sangat tinggi, sehingga Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) Semarang membuka program studi S1 Manajemen Informasi Kesehatan (MIK). Program studi ini berharap dapat membantu masyarakat dan industri dalam menyediakan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan Healthcare data analyst (Analisis Data layanan kesehatan) dan kemampuan rekam medis.

UNKARTUR menjadi salah satu perguruan tinggi yang mempunyai progam studi S1 manajemen informasi kesehatan yang pertama kali di Jawa Tengah yang mana saat ini baru ada 5 Perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program S1 MIK (rekam medis) dan salah satunya berada di kota semarang yaitu Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) dan telah menjadi anggota APTIRMIKI (Asosiasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia). (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved