Dua Tahun Diperjuangkan Wihaji, Perubahan Perda RTRW Temui Titik Terang

Perubahan Perda RTRW yang sangat dinanti tak hanya pemerintah daerah tetapi juga para investor ini telah sampai pada tahapan sinkronisasi lintas sekto

Dua Tahun Diperjuangkan Wihaji, Perubahan Perda RTRW Temui Titik Terang
Istimewa
Bupati Batang Wihaji saat presentasi Perubahan RTRW Sinkronisasi Lintas Sektoral di Yogyakarta, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) telah menemui titik terang setelah dua tahun terakhir menggantung.

Perubahan Perda RTRW yang sangat dinanti tak hanya pemerintah daerah tetapi juga para investor ini telah sampai pada tahapan sinkronisasi lintas sektoral di tingkat Jawa Tengah.

"Walaupun ini baru tahapan sinkronisasi lintas sektoral di tingkat Jawa Tengah, namun ini menjadi angin segar tentang Perda Perubahan RTRW," tutur Bupati Wihaji, Selasa (19/3/2019).

Menurut Wihaji, pihaknya akan terus memperjuangkan sesuai dengan tahapan dan aturan yang ada.

"Kajian demi kajian pun kita sudah lakukan tanpa mengabaikan dampak lingkungan dan sosial," ujarnya.

Dijelaskannya, sebelum menuju ke Kementerian perubahan Perda RTRW harus mendapatkan persetujuan Gubernur dengan diwajibkan ada prasyarat kajian lingkungan hidup strategis singkronisasi.

"Dari 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah yang mengajukan Perubahan baru enam yang masuk dalam tahapan sinkronisasi lintas sektoral di tingkat Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes, Batang, Kendal Boyolali, Karanganyar, dan Kabupaten Semarang," terangnya.

Ia pun sangat berharap proses perubahan RTRW bisa terselesaikan secepatnya.

"Saya harap secepatnya Perubahan RTRW bisa disyahkan, karena Perda ini sangat ditunggu masyarakat Batang untuk sebuah perubahan, percepatan pertumbuhan ekonomi.

Karena sudah puluhan investor PMA dan PMDN yang mengantri berinvestasi," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved