Hasil Konferensi AIPI Semarang Bakal Dijadikan Masukan Penyempurnaan Sistem Pemilu

Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Semarang mengadakan konferensi nasional di Hotel Aston Semarang, Rabu (20/3/2019).

Hasil Konferensi AIPI Semarang Bakal Dijadikan Masukan Penyempurnaan Sistem Pemilu
ISTIMEWA
Dr Teguh Hadi Prayitno memoderatori seminar nasional AIPI Cabang Semarang di Kantor Balai Kota Semarang kemarin, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Semarang mengadakan konferensi nasional di Hotel Aston Semarang, Rabu (20/3/2019).

Hasil Konferensi Nasional Rumpun Disiplin Ilmu Politik bertajuk Pemilu dalam Tinjauan Multi Aspek, tersebut bakal diserahkan kepada KPU, Bawaslu, DKPP, dan Komisi II DPR RI, sebagai masukan untuk penyempurnaan sistem pemilu kelak.

Kegiatan yang diikuti 21 dosen dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia itu, menghadirkan 8 editor call for paper.

Mereka adalah Dr Nur Hidayat Sardini, Dr Hartuti Purwaeni, Drs Nur Samsudin, Ika Rustanto Putranto, Dr Teguh Hadi Prayitno, Dr Fitriyah, Wijayanto SIP, dan Dr Laila Khalid Al Firdaus.

Menurut Nur Samsudin, editor Inchief, tujuan konferensi itu untuk mendiskusikan hasil penelitian para dosen dan anggota AIPI di seluruh Indonesia.

Menurutnya, hasil dari konferensi tersebut akan diserahkan ke KPU, Bawaslu, DKPP dan Komisi II DPR RI.

"Itu sebagai masukan untuk penyempurnaan sistem pemilu yang akan datang," ujarnya dosen UIN Walisongo Semarang itu.

Konferensi nasional kali ini, AIPI Cabang Semarang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

"Tidak hanya penelitian terkait pemilu, tapi juga ada penelitian terkait komunitas pesisir, kebijakan kota hijau, dan terkait dengan lingkungan seperti rob dan banjir serta penataan kota," papar Nur Samsudin.

Ketua Umum AIPI Cabang Semarang Nur Hidayat Sardini menyatakan, konferensi nasional rumpun disiplin ilmu politik akan menjadi agenda tahunan.

Bahkan menurutnya, kegiatan yang menghadirkan para dosen dan peneliti ini skala nasional.

"Acara ini mendapat respons positif dari kalangan dosen dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi. Melihat realitas tersebut, AIPI bakal menggelar acara ini menjadi agenda tahunan dan skala nasional," katanya.

Sebelumnya rangkaian kegiatan yang diselenggarakan AIPI Cabang Semarang, juga digelar seminar nasional tema Prospek Demokrasi Elektoral Indonesia dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Balai Kota Semarang, Selasa (19/3/2019).

Pada seminar itu menghadirkan narasumber yaitu Ketua KPU RI Arief Budiman, pengamat politik dari UIN Jakarta Burhanuddin Muhtadi, dan Alfitra Salam sebagai anggota DKPP RI yang juga ketua umum PP AIPI, serta dosen FISIP UNDIP Widjayanto, dan dosen FISIP UGM Mada Sukmajaya. (*)

Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved