Ini Curhatan Pekerja Pelipat Surat Suara di Kota Salatiga, Sortir dan Lipat Selembar Butuh Semenit

KPU Kota Salatiga mulai menyortir dan melipat surat suara Pileg baik tingkat DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan DPRD Kota Salatiga.

Ini Curhatan Pekerja Pelipat Surat Suara di Kota Salatiga, Sortir dan Lipat Selembar Butuh Semenit
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Puluhan tenaga pelipat sedang melipat surat suara Pileg di Gudang KPU Kota Salatiga, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) baik tingkat DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan DPRD Kota Salatiga.

Kasubag Hukum KPU Salatiga Widy Harus Kistyanto mengatakan, proses yang dilakukan itu merupakan tindaklanjut setelah menerima tiga jenis surat suara Pileg pada Selasa (19/3/2019).

"Tujuannya agar mempercepat proses tahapan pemilu dimana ditargetkan pada 30 Maret 2019 proses tersebut selesai. Sehingga apabila ada kekurangan karena rusak kami masih ada waktu memenuhinya," terangnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (20/3/2019).

Menurut Widy, pada hari pertama pelipatan surat suara Pileg sekaligus sortir kali ini melibatkan 54 pekerja untuk melipat 137.852 lembar.

"Setelah itu kami akan evaluasi apabila ada yang rusak, baik karena kesalahan tenaga pelipat maupun asli dari percetakan. Dan jika pekerja sortir tidak mampu menyelesaikan sesuai target akan kami tambah lagi petugas," katanya.

Sementara apabila ditemukan surat suara yang rusak berupa robek atau tidak jelas gambar calon dan tidak tercetak alias kosong selama proses pelipatan dikawal personil aparat Polres Salatiga.

Seorang pekerja pelipat surat suara Wahyu mengatakan, mengalami kesulitan dalam melipat karena ukuran kertas terlalu besar dan tebal.

"Membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk melipat sekaligus sortir surat suara DPR kali ini supaya tidak mengalami robek dan lipatan sesuai dengan alurnya," pungkasnya. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved