Satpol PP Kota Semarang Sita 36 E-KTP, Sang Pemilik Tak Miliki Surat Keterangan Tinggal Sementara

Petugas Satpol Kota Semarang melakukan razia kos-kosan di dua tempat tempat yakni di kawasan Kecamatan Semarang Barat.

Satpol PP Kota Semarang Sita 36 E-KTP, Sang Pemilik Tak Miliki Surat Keterangan Tinggal Sementara
Istimewa
Kasi Penegakan Perda Satpol PP Kota Semarang Rulyta Yuli Astuti saat mendatangi kos-kosan diwilayah anjasmoro, Selasa (19/3/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Petugas Satpol Kota Semarang melakukan razia kos-kosan di dua tempat tempat yakni di kawasan Kalibanteng Kulon dan kawasan Kelurahan Karang Ayu Kecamatan Semarang Barat, Selasa (19/3/2019).

Dari hasil razia tersebut petugas berhasil menyita sebanyak 36 keping e KTP yang nantinya akan disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Semarang. 

Kabid penegakan perundang-undangan daerah Satpol Kota Semarang, Marthen Dacosta mengatakan hasil razia tersebut untuk wilayah Kalibanteng kulon berjumlah 17 sedangkan di wilayah Kelurahan Karangayu berjumlah 19 keping e-KTP.

“Memang untuk razia e-KTP ini dilakukan di dua tempat wilayah Kecamatan Semarang Barat,” ujarnya.

Proyek Pembangunan Stadion Citarum Kota Semarang Memasuki Tahap Lelang

Ditambahkan Marthen, kegiatan tersebut dilakukan menjelang pilpres dan pileg yang akan berlangsung pada 17 April mendatang.

Selain itu kegiatan yustisi ini dilakukan untuk mengantisipasi terorisme, juga dalam upaya menjaga ketertiban masyarakat serta mengantisipasi peredaran narkoba.

“Dengan adanya kegiatan ini guna mempersempit ruang gerak tindak pelaku kriminal mungkin yang ada di tempat kos,” tambahnya.

Lebih lanjut, Penegakan Yustisi perda no 4 tahun 2016 tentang penyelengaraan administrasi kependudukan kali ini melakukan sidak lapangan dari dua lokasi tersebut.

Dari kegiatan tersebut ditemukan kepemilikan e-KTP yang rata-rata mutasi dari luar kota ke Semarang tidak disertai dengan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) atau surat boro.

“Mereka itu warga dari luar kota dan kebanyakan orang dari kota Purworejo serta Purwodadi. Tetapi kalau di Kalibanteng Kulon laporan Babinkantibmas ada operasi narkoba pemilik kos dua kali tertangkap dengan orang yang berbeda,” tambah Marthen.

Tim Saber Pungli Kota Semarang Panggil Oknum Dishub Terkait Setoran Parkir di CFD

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved