KPU Kendal Terima 1524 Pemilih Luar Daerah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal mengeluaran 2591 formulir A5 bagi warga Kendal yang memutuskan memilih di luar Kendal

KPU Kendal Terima 1524 Pemilih Luar Daerah
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Seorang warga memeriksa namanya pada pengumuman daftar pemilih sementara yang ditempel di Balaidesa Menawan, Gebong, Kudus, Selasa (27/3/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal mengeluaran 2591 formulir A5 bagi warga Kendal yang memutuskan memilih di luar Kendal lantaran beberapa alasan. Meski begitu, mereka menambahkan 1524 warga luar daerah dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) untuk mengikuti pemilu di Kendal.

Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU Kendal, Rokhimudin, penetapan DPTb itu dilakukan setelah masa pengurusan formulir A5 ditutup Minggu (17/3). "Hasil penetapan ini kami sampaikan kepada partai politik dan stakeholder Pemilu," ujarnya seusai rapat pleno penetapan DPTb di Ruang Aula KPU Kendal, Rabu (20/3).

Rokhimudin mengatakan, dari 2591 warga Kendal yang melakukan pemilihan di luar Kendal, 281 pemilih mengurus Formulir A5 di Kendal. Sisanya, mengurus di daerah tujuan atau kota tempat pemilihan.

"Untuk warga luar yang melakukan pemilihan di Kendal, dari 1524 orang, sebanyak 1133 orang mengurus Formulir A5 di Kendal. Sisanya, di kota asal," tutur dia.

Menurutnya, warga yang melakukan pindah tempat pemilihan tidak semuanya mendapatkan surat suara sama seperti di daerah asal. Para pemilih hanya mendapatkan surat suara yang disediakan di daerah tujuan.

"Semisal, dari Kendal memilih di Kota Semarang, maka pemilih tidak mendapatkan surat suara DPRD Kendal dan DPRD Provinsi Dapil 2 karena tidak disediakan TPS di Kota Semarang. Namun, untuk surat suara DPD dan presiden tetap mendapatkan," jelasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Omy Wardayani, mengaku menerima laporan adanya warga yang mengurus formulir A5 hingga Selasa (19/3) malam. Padahal, pendaftaran pindah pilih dilayani hanya sampai 17 Maret.

"Kami telah minta klarifikasi (KPU), ternyata hanya proses penginputan DPTb, tidak ada pendaftaran pengurusan Formulis A5. Jadi, tidak ada masalah dalam penetapan DPTb di KPU Kendal ini," ujarnya.

Di Demak, Komisioner KPU Demak Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Nur Hidayah, mengatakan, ada 1248 orang yang masuk DPTb. Mereka berhak mengikuti pemilihan di Demak sesuai TPS yang ditunjuk.

Sementara, warga Demak yang memilih memilih di luar daerah tercatat ada 2754 pemilih. "Apabila ada pemilih yang sudah terdaftar di DPT kemudian karena keadaan tertentu tidak bisa menggunakan hak pilihnya di tempat terdaftar di DPT maka dia berhak terlayani dengan adanya pindah memilih," tuturnya.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved