Angka Kepatuhan Wajib Pajak Kabupaten Pekalongan Lapor SPT Masih 50 Persen, Bupati Upayakan Ini

Tingkat kepatuhan masyarakat Kabupaten Pekalongan terhadap pelaporan pajak melalui Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), masih di angka 50 persen.

Angka Kepatuhan Wajib Pajak Kabupaten Pekalongan Lapor SPT Masih 50 Persen, Bupati Upayakan Ini
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Bupati Pekalongan menunjukkan kemudahan dalam pelaporan SPT Pajak Tahunan melalui sistem e-Filling pada ponsel pribadinya, Jumat (22/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Tingkat kepatuhan masyarakat Kabupaten Pekalongan terhadap pelaporan pajak melalui Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Tahunan, masih di angka 50 persen.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi berharap sekaligus mengajak masyarakat agar lebih sadar terhadap pelaporan pajak tahunan itu.

"Untuk mengisi SPT Pajak Tahunan sekarang sangat mudah karena sudah ada e-Filling, perlu diingat melapor bukan melulu membayar pajak, tapi lebih ke kesadaran akan kepatuhan terhadap peraturan negara," paparnya, di Ruang Bupati Pekalongan, Jumat (22/3/2019).

Adapun Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekalongan, Taufik Wijayanto menjelaskan, terdapat 107 ribu jumlah total wajib SPT Pajak Tahunan di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Pemalang.

"Kami targetkan 73 persen dari total keseluruhan sudah melaporkan SPT Pajak Tahunan sebelum batas akhir yang ditentukan, yaitu 31 Maret 2019," ujarnya.

Menurutnya, 92 persen masyarakat melapor SPT menggunakan sistem online atau e-Filling.

"Kebanyakan masyarakat melapor menggunakan sistem online, walaupun demikian, kami tetap akan melayani 7 hari dalam sepekan bagi masyarakat yang datang ke kantor untuk melaporkan SPT," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved