Bupati Haryanto: Haul Sunan Prawoto Merupakan Wisata Religi yang Dibungkus Kebudayaan Lokal

Ribuan orang hadiri Peringatan Haul Sunan Prawoto alias Kanjeng Pangeran Haryo Raden Bagus Hadi Mu'min di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.

Bupati Haryanto: Haul Sunan Prawoto Merupakan Wisata Religi yang Dibungkus Kebudayaan Lokal
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto saat menghadiri Peringatan Haul Sunan Prawoto alias Kanjeng Pangeran Haryo Raden Bagus Hadi Mu'min di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Ribuan orang memenuhi Lapangan Balai Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dan jalan-jalan di sekitarnya, Sabtu (23/3/2019).

Mereka berkerumun untuk menyaksikan aneka atraksi seni-budaya yang digelar dalam rangka Peringatan Haul Sunan Prawoto alias Kanjeng Pangeran Haryo Raden Bagus Hadi Mu'min.

Peringatan Haul Sunan Prawoto hari itu merupakan peringatan ke-41.

Sunan Prawoto merupakan raja terakhir Kesultanan Demak, generasi keempat setelah Raden Patah, Pati Unus, dan Sultan Trenggono.

Ia dimakamkan di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.

Haul Sunan Prawoto diperingati dengan gelaran kirab kebudayaan.

Kesenian yang ditampilkan hari itu antara lain barongan, jaranan, dan marching band.

Ada pula arak-arakan ogoh-ogoh.

TMMD 2019, Kodim Pati Gelar Pengobatan Gratis di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

Hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Pati Haryanto, Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto, Keluarga Keraton Surakarta Hadiningrat, perwakilan Kementerian Pariwisata RI, Camat Sukolilo, dan Kades Prawoto.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto menyampaikan, semarak peringatan Haul Sunan Prawoto dari tahun ke tahun tidak semakin surut, justru semakin berkembang.

"Haul Sunan Prawoto merupakan bagian dari pariwisata lokal, wisata religi yang dikemas dengan budaya-budaya lokal yang ada," terangnya.

Haryanto mengungkapkan, kirab kebudayaan yang digelar hari itu bertujuan untuk melestarikan kebudayaan lokal dan menciptakan suasana kebersamaan serta persatuan.

Ia juga menitipkan harapan pada Kementerian Pariwisata RI untuk meningkatkan dukungannya bagi pengembangan event tahunan tersebut.

Sementara itu, Kanjeng Pangeran Haryo Sangkoyo Mangunkusumo yang mewakili pihak Keraton Surakarta Hadiningrat mengatakan bahwa pihaknya merasa senang karena dapat menghadiri Haul Sunan Prawoto untuk kesekian kali.

"Kami sangat menghargai usaha dari komunitas masyarakat setempat dalam menggelar kegiatan ini. Untuk itu, kami berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya," tandasnya. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved