Longsor Landa Sejumlah Desa di Banjarnegara Hingga Rusak Rumah dan Putus Akses Jalan

Material longsor berupa tanah bercampur kayu keras nyaris mengenai rumah milik Nasihun, di Rt 1 Rw 3 hingga membuat bangunan itu terancam

Longsor Landa Sejumlah Desa di Banjarnegara Hingga Rusak Rumah dan Putus Akses Jalan
Istimewa
Longsor menutup akses jalan di ruas Kalibening-Wanayasa. 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Curah hujan tinggi memicu pergerakan tanah di sejumlah titik di Kabupaten Banjarnegara.

Di Dusun Silegi Desa Lebakwangi Kecamatan Pagedongan, tebing belakang rumah warga setinggi sekitar 5 meter longsor, Jumat malam (22/3)

Material longsor berupa tanah bercampur kayu keras nyaris mengenai rumah milik Nasihun, di Rt 1 Rw 3 hingga membuat bangunan itu terancam.

"Hujan lebih dari dua jam. Tanah menutup jalan dan mengancam rumah Nasihun,"kata Satrio Widiantoro Relawan RAPI Banjarnegara

Terpisah, Kepala Desa Sudiurip mengonfirmasi, longsor juga terjadi di wilayahnya, dusun Kaligrowong jurang Rt 01 Rw 04 Desa Kaliurip Kecamatan Madukara, sekitar pukul 18.30 Wib, Jumat (22/3).

Longsor bahkan sampai menimpa 2 rumah milik Siswadi dan Udin yang dihuni sembilan orang. Longsor tidak sampai memakan korban jiwa. Tetapi bencana itu menimbulkan kerusakan pada rumah belakang Siswadi karena terkena longsor.

Kepala BPBD Banjarnegara Arief Rahman mengatakan, pergerakan tanah juga terjadi di jalan provinsi penghubung Kecamatan Wanayasa – Kalibening di Desa Balun Kecamatan Wanayasa, Jumat malam sekitar pukul 23.10 Wib (22/3).

Tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter menutup seluruh badan jalan di titik tersebut hingga akses sempat tertutup.

Pagi ini petugas bersama relawan bahu membahu membersihkan material longsor di jalan provinsi ruas jalan Wanayasa – Kalibening.

Hingga akses jalan kembali dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat. Selanjutnya, kata Arief, dibutuhkan penanganan lebih lanjut oleh Binamarga.

"Imbauan kepada masyarakat dan pengguna jalan agar tetap berhati-hati karena jalan licin dan waspada Longsor susulan,"katanya

Longsor juga dilaporkan terjadi di Pencil dekat Tobong Teh, Jalan Raya Pandanarum - Kalibening Kabupaten Banjarnegara. Longsor menutup hampir seluruh badan jalan hingga tak bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved