Tantangan Mengelola Millennial di Dunia Kerja

Mempertahankan millennial supaya dapat betah bekerja di satu perusahaan merupakan tantangan bagi para pengelola perusahaan.

Tantangan Mengelola  Millennial di Dunia Kerja
IST
Ilustrasi Millenial 

Oleh Wulandari, SE., MM, Dosen Program Studi Manajemen dari Universitas Nasional Karangturi (Unkartur) Semarang

Generasi millennial atau generasi Y, yang lahir di antara tahun 1980 sampai dengan 1990-an saat ini berusia sekitar 20 hingga 38 tahun, secara mayoritas menjadi sumber daya manusia di berbagai organisasi, bisnis dan dunia kerja.

BAGI manajemen suatu perusahaan, karakteristik generasi millennial dapat menjadi modal atau keunggulan perusahaan namun juga dapat menjadi tantangan supaya bisa mengelola generasi ini sesuai dengan strategi perusahaan.

Mempertahankan millennial supaya dapat betah bekerja di satu perusahaan merupakan tantangan bagi para pengelola perusahaan.

Generasi ini dikenal mudah berpindah tempat kerja, apabila mereka menemukan hal yang kurang cocok dengan harapannya.

Survey Mercer tahun 2017 menemukan bahwa mayoritas karyawan saat ini menginginkan kompensasi yang kompetitif di pasar kerja, kesempatan untuk mendapatkan promosi, memiliki pemimpin yang memberikan arah yang jelas, bekerja bersama orang-orang yang terbaik di bidangnya, transparansi pada perhitungan gaji, informasi jalur karir (career path), dan cara kerja yang lebih fleksibel.

Mercer, dari hasil risetnya di tahun 2018, menyebutkan bahwa salah satu alasan yang paling sering dikemukakan saat pengunduran diri karyawan di Indonesia adalah kurangnya kesempatan dalam mengembangkan karirnya.

Wulandari, SE., MM.
Dosen Program Studi Manajemen dari Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) Semarang
Wulandari, SE., MM. Dosen Program Studi Manajemen dari Universitas Nasional Karangturi (Unkartur) Semarang (IST)

Manajemen karir saat ini sudah menjadi bagian dari wewenang dan tanggung jawab para pengelola perusahaan (line managers) sehingga para manager di luar manager HRD ini perlu memahami pengelolaan pengembangan karir dalam mengelola tim kerjanya.

Pengelolaan jalur karir atau biasa disebut juga manajemen karir di suatu perusahaan mempunyai 2 sudut pandang; 1. dari sisi perusahaan/ top management, dan 2.dari sisi karyawan.

Top management menggunakan manajemen karir sebagai cara untuk mempersiapkan pengganti di berbagai posisi/ jabatan yang ada di perusahaan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved