Gantikan Bleng, Tiga Mahasiswi UNS Buat Pengenyal Kerupuk dari Kulit Jeruk

Dwi menjelaskan pembuatan pektin kulit jeruk pamelo ini ditujukan sebagai pengganti pemakaian bleng di industri kerupuk.

Gantikan Bleng, Tiga Mahasiswi UNS Buat Pengenyal Kerupuk dari Kulit Jeruk
IST
Tiga mahasiswi UNS membuat inovasi pengenyal adonan dari kulit jeruk pamelo sebagai pengganti penggunaan bleng dalam pembuatan kerupuk gendar. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO –  Tiga mahasiswi Universitas Sebelas Maret (UNS) membuat inovasi pengenyal adonan dari kulit jeruk pamelo sebagai pengganti penggunaan bleng dalam pembuatan kerupuk gendar.

Mereka adalah Dwi Wahyuningrum (D3 Teknologi Hasil Pertanian 2017), Irfina Widya Istiqomah (Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian 2017), dan Arifah Eviyanti (D3 Agribisnis).

Dwi membuat kulit jeruk pamelo sebagai pengenyal dengan cara mengambil kulit jeruk bagian dalam yang bertekstur seperti gabus (albedo) lalu dikeringkan dan diekstrak dengan menggunakan pelarut asam sitrat sebanyak 5 persen.

Kemudian dicuci dengan etanol 70 persen dan 96 persen.

“Dalam kulit jeruk pamelo bagian dalam terdapat senyawa bernama pektin yang dapat digunakan sebagai pengenyal kerupuk. Pektin adalah senyawa karbohidrat kompleks yang terdapat pada dinding sel tumbuhan yang sifatnya dapat menyerap air sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengental,” terang Dwi, Jumat (23/03/2019).

Dwi menjelaskan pembuatan pektin kulit jeruk pamelo ini ditujukan sebagai pengganti pemakaian bleng di industri kerupuk.

Bleng biasanya digunakan untuk mengembangkan dan mengenyalkan adonan.

Bahan kimia ini sebenarnya tidak boleh dikonsumsi dalam waktu panjang dan dengan dosis berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal hingga kematian.

Karena itu, dia bersama rekan-rekannya berinisiatif untuk memanfaatkan potensi jeruk pamelo yang belum termanfaatkan.

Mereka mendapatkan jeruk pamelo atau bali merah dari Magetan, yang memang sudah dikenal sebagai produk unggulan kota tersebut.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved