H-1 Musrenbangwil, Sekda Suharyono Ungkap Usulan Prioritas Pemkab Pati

Kabupaten Pati akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) Eks-Karesidenan Pati

H-1 Musrenbangwil, Sekda Suharyono Ungkap Usulan Prioritas Pemkab Pati
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Pati Suharyono 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Kabupaten Pati akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) Eks-Karesidenan Pati, Rabu (27/3/2019) besok.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pati tersebut diikuti lima kabupaten yang masuk dalam Eks-Karesidenan Pati, yaitu Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Suharyono ketika ditemui di ruangannya, Selasa (26/3) mengatakan, terdapat pokok-pokok usulan yang akan disampaikan ketika Musrenbangwil berlangsung.

"Ada beberapa prioritas yang akan diusulkan, antara lain peningkatan jalan Karangmangu dan Bajomulyo menuju TPI. Kemudian yang kedua peningkatan jalan dari Wisata Agro Jollong ke Pohgading. Ketiga, peningkatan jaringan Fiber Optik guna menunjang Smart City," paparnya.

Adapun usulan yang lain, lanjut Suharyono, perbaikan halaman TPI Juwana yang kondisinya kurang baik disebabkan oleh kendaraan besar yang sering masuk.

Kemudian peningkatan jalan dari Tambakromo menuju batas Kabupaten Grobogan, yakni Maitan. Juga dari Beketel sampai Maitan.

"Selain itu, juga peningkatan jalan dari Kecamatan Tayu ke Kecamatan Dukuhseti. Selain itu, kita juga mengusulkan terkait sektoral, yaitu bentuk bantuan yang diberikan ke kabupaten dahulu, namun langsung dari provinsi maupun pusat," imbuhnya.

Suharyono kembali menerangkan, usulan sektoral yang dimaksud yaitu normalisasi sungai Juwana, reaktivasi kereta api mulai dari Semarang hingga Lasem, kemudian peningkatan jalan mulai dari Kudus hingga Rembang menjadi empat lajur.

"Sedangkan untuk usulan ke provinsi, yaitu jalan mulai dari SMPN 4 Pati hingga jalan lingkar Sokokulon, Margorejo, itu kan masih 2 lajur, kita usulkan agar bisa menjadi 4 lajur dengan median ada di tengah," urainya.

Kemudian yang terakhir, pihaknya akan mengusulkan peningkatan jalan dari Pati ke Sukolilo batas Kabupaten Grobogan, Pati hingga Tayu batas Jepara, dan Juwana, Pucakwangi hingga Todanan batas Blora. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved