Peringati Isra Mi’raj, Rutan Kelas IIB Salatiga Gelar Doa Bersama

Bertepatan dengan peringatan Isra Mi’raj rumah tahanan (rutan) kelas IIB Kota Salatiga menggelar pengajian umum bersama sejumlah narapidana

Peringati Isra Mi’raj, Rutan Kelas IIB Salatiga Gelar Doa Bersama
Tribun Jateng/M Nafiul Haris
KH Abdul Hamid dari Ponpes Khoirul Ummah Semarang menyampaikan tausiyah keagamaan dalam rangka memperingati Isra Mi’raj di Rutan Kelas IIB Kota Salatiga, Selasa (26/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Bertepatan dengan peringatan Isra Mi’raj rumah tahanan (rutan) kelas IIB Kota Salatiga menggelar pengajian umum bersama sejumlah narapidana.

Kepala Rutan Kelas IIB Kota Salatiga Hero Sulistiyono mengatakan kegiatan yang ada masih dalam rangkaian hari bhakti pemasyarakatan ke-55 mulai dari doa bersama, khataman quran dilanjutkan dengan pemberian tausyiyah oleh KH Abdul Hamid dari Ponpes Khoirul Ummah Semarang.

“Ini kami rutinkan setiap tahun, supaya mereka yang beragama Islam seusai keluar menjalani hukuman dapat lebih meningkatkan keimanan kewajiban sebagai umat beragama,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Rutan Kelas IIB Kota Salatiga, Selasa (26/3/2019)

Menurut Hero, kegiatan keagamaan rutin selain pengajian umum tetapi program baca tulis Al-Quran setiap hari dilaksanakan ditambah pada momen tertentu seperti peringatan Isra Mi’raj kali ini didatangkan penceramah dari luar.

“Tujuannya agar pemahaman agama mereka benar-benar beragam, tidak terbatas kemampuan dari petugas lapas yang mengajarkan ilmu agama,” katanya

Ia menambahkan dalam pengajian memperingati Isra Mi’raj diikuti sekira 133 warga binaan. Diluar itu supaya mereka dapat lebih meneladani sifat-sifat atau makna dari Isra Miraj itu sendiri yang kurang lebih menceritakan kisah nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan agamanya.

Seorang warga binaan Sadiyono menyampaikan merasa mendapat banyak manfaat dari berbagai pelajaran rohani baik pembimbing internal rutan maupun pihak luar. Dia mengaku kegiatan bertema keagamaan telah rutin dilakukan pegawai rutan.

“Kadangkala mengambil tenaga pengajar dari luar, ada mereka diantaranya mantan narapidana juga. Jadi dari sana kami bisa banyak belajar terutama menyiapkan diri setelah selesai menjalani masa hukuman,” jelasnya (ris)

Caption: KH Abdul Hamid dari Ponpes Khoirul Ummah Semarang menyampaikan tausiyah keagamaan dalam rangka memperingati Isra Mi’raj di Rutan Kelas IIB Kota Salatiga, Selasa (26/3/2019). (TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS)

 

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved