Prof. Jamal Wiwoho Ditetapkan Sebagai Calon Rektor Terpilih UNS

Penetapan ini berdasarkan Sidang Senat Tertutup yang dilaksanakan di Ruang Sidang 2 Gedung Rektorat UNS pada Selasa (26/3/2019).

Prof. Jamal Wiwoho Ditetapkan Sebagai Calon Rektor Terpilih UNS
IST
Prof. Jamal Wiwoho ditetapkan sebagai calon terpilih Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2019-2023. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO — Prof. Jamal Wiwoho ditetapkan sebagai calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2019-2023.

Penetapan ini berdasarkan Sidang Senat Tertutup yang dilaksanakan di Ruang Sidang 2 Gedung Rektorat UNS pada Selasa (26/3/2019).

Sidang Senat Tertutup Pemilihan Rektor UNS periode 2019-2023 dihadiri oleh 127 anggota senat UNS dan satu pejabat utusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) yaitu Hari Purwanto MSc, DIC.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS, Prof Sahid Teguh Widodo mengatakan, Pemilihan Rektor dilaksanakan dengan mekanisme musyawarah dan mufakat berdasarkan permufakatan yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 10 Februari 2019 oleh ketiga calon rektor yaitu Prof Jamal Wiwoho, Prof Sutarno dan Prof Widodo Muktiyo.

“Dalam Sidang Senat Tertutup ini telah ditetapkan Calon Rektor terpilih yaitu Prof Jamal Wiwoho untuk menduduki jabatan Rektor UNS periode 2019-2023. Untuk selanjutnya Prof Jamal sebagai Calon Rektor UNS masih harus mengikuti satu kali tahapan lagi yaitu tahap penetapan dan pelantikan,” terang Sahid.

Sahid menambahkan, musyawarah mufakat yang dilakukan oleh UNS dalam prosesi pemilihan rektor ini memperoleh apresiasi yang luar biasa dari Menristekdikti. “Semoga ini bisa menjadi contoh bagi universitas lain,” imbuhnya.

Sementara itu, utusan Menristekdikti yaitu Hari Purwanto MSc, DIC menambahkan bahwa prosesi pemilihan rektor di UNS berjalan dengan lancar dari mulai tahap penjaringan hingga sekarang ini.

“Pak Menteri sangat memberikan apresiasi, semoga ini bisa dicontoh oleh kampus lain yang mengutamakan musyawarah dan mufakat. Semoga UNS terus berkembang dan cita-citanya untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) segera tercapai,” ujar Hari.

Sementara itu, Calon Rektor UNS terpilih, Prof Jamal Wiwoho mengucapkan terimakasih kepada segenap PPR UNS karena pelaksanaan Sidang Senat Tertutup ini bisa berjalan lancar dan menetapkan dirinya sebagai Calon Rektor UNS periode 2019-2023.

“Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada Prof Ravik yang telah menginisiasi musyarawah mufakat ini. Dengan musyawarah dan mufakat ini, kedepan UNS akan lebih mudah melewati tantangan yang dihadapi mengingat tantangan kedepan semakin besar,” ujar Jamal.

Sedangkan Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi mengatakan bahwa kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama.

“Saya ingin menyampaikan kepada kalian bertiga, kemajuan UNS yang sama-sama kita rintis, ini adalah menjadi tanggung jawab kalian bertiga yaitu Prof Jamal didampingi Prof Sutarno dan Prof Widodo. Setelah pemilihan Rektor ini selesai, saya berharap pemilihan pejabat dibawahnya seperti Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan sebagainya juga bisa berjalan lancar setelah tanggal 13 April nanti,” kata Ravik. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved