Daya Tahan Tubuh Rendah Berisiko Tertular Penyakit TBC, HIV/Aids Hingga Lupus

Daya tahan tubuh rendah menjadi penyebab utama tertularnya penyakit Tuberkulosis (TBC). Ini penjelasan Ahli Klinis RSUP dr Kariadi Semarang

Daya Tahan Tubuh Rendah Berisiko Tertular Penyakit TBC, HIV/Aids Hingga Lupus
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Ahli Klinis RSUP dr. Kariadi, dr. Thomas Handoyo, Sp.PD saat ditemui Tribun Jateng usai siaran bersama Promkes Dinkesprov Jateng di salah satu radio Kota Semarang, Rabu (27/03/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Daya tahan tubuh rendah menjadi penyebab utama tertularnya penyakit Tuberkulosis (TBC).

Seorang Ahli Klinis RSUP dr. Kariadi, dr. Thomas Handoyo, Sp.PD menuturkan, ada beberapa faktor yang menjadi risiko seseorang mudah terkena TBC dan penyakit menular lainnya.

Ia melanjutkan, wanita hamil juga lebih rentan tertular penyakit yang disebabkan oleh
Mycobacterium tuberculosis ini.

Selain itu, berat badan yang kurang dan usia juga turut memengaruhi penyakit yang saat ini berada pada urutan ketiga terbanyak di dunia itu.

"Berat badan sangat rendah, usia kurang dari 5 tahun hingga usia yang lebih dari 65 tahun juga turut memengaruhi tertularnya penyakit TBC," tambahnya, Rabu (27/3/2019).

Ia menjelaskan, resiko yang semakin besar tersebut terjadi lantaran sifat penyakit TBC yang mudah menyerang seseorang yang daya tahan tubuhnya menurun.

"Seseorang yang melakukan transplantasi ginjal atau pasien-pasien yang daya tahan tubuhnya turun seperti lupus dan penderita HIV juga lebih berisiko," jelasnya usai melakukan siaran bersama Promkes Dinas Kesehatan Jawa Tengah di salah satu radio Kota Semarang. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved