Dua Warga Ditangkap Gara-gara Ambil Sisa Getah Karet Milik PTPN IX‎ Temanggung

Aparat Polres Temanggung mengamankan dua warga yang diduga mencuri getah karet di area PTPN IX‎ Temanggung.

Dua Warga Ditangkap Gara-gara Ambil Sisa Getah Karet Milik PTPN IX‎ Temanggung
Tribun Jateng/Yayan Isro' Roziki
Kasubag Humas Polres Temanggung, AKP Henny WL, menunjukkan tersangka Suud dan Ngadiso, beserta sebagian barang bukti getah karet. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎Polisi mengamankan dua warga yang diduga mencuri getah karet di area PTPN IX‎ Temanggung.

"Saya dari ekonomi lemah pak. Butuh uang untuk biaya sekolah anak. Itu kan niatnya ngelelesi (mengambil sisa, red), gak mencuri," kata Suud Setiyawan (50), warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Bejen, Temanggung, saat gelar perkara di Mapolres Temanggung, Rabu (27/3/2019).

Suud merupakan tersangka pencurian getah karet di area PTPN IX‎ Temanggung. Tepatnya di Kebun Sukamangli, Bojongrejo, Kecamatan Bejen.

Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama seorang lainnya, Ngadiso (49), warga Desa Selosabrang, Kecamatan Bejen.

Menurut Suud, getah karet yang diambil merupakan sisa-sisa yang telah disadap oleh para pekerja. Sehingga, ia menyangka perbuatannya itu bukan pelanggaran ‎hukum atau merupakan tindak kriminal.

"Saya gak tahu pak, saya menyesal. Benar saya ekonomi lemah, tapi tak ingin berbuat kriminal," katanya, sembari menangis sesengkukan.

Dituturkan, ia mempunyai tiga orang anak. Anak bungsunya saat ini masih duduk di bangku kelas VIII atau dua sekolah menengah pertama (SMP). Sementara, dua anak lainnya sudah tak sekolah.

"Yang nomor dua putus sekolah, karena dulu gak ada biaya," ujar dia.

Rencanaya, getah karet itu akan dijual seharga Rp 4.000 perkilogram. Sejatinya, harga itu jauh di bawah harga pasaran getah karet yang mencapai ‎Rp16.000 perkilogram.

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved