Enaknya Rekam Medis Elektronik (RME), Tinggal Klik-Klik Saja, Informasi Langsung Tersedia!

Masuknya TIK dalam pelayanan kesehatan, khususnya dalam hal pengelolaan Rekam Medis, diharapkan akan mempermudah akses terhadap informasi pasien.

Enaknya Rekam Medis Elektronik (RME), Tinggal Klik-Klik Saja, Informasi Langsung Tersedia!
IST
Ilustrasi eMedical Record 

Oleh: dr. Rano Indradi S, M.Kes, Dosen Universitas Karangturi (Unkartur) Semarang

DALAM sebuah pertemuan dengan rekan-rekan dari berbagai puskesmas disuatu wilayah, seorang rekan menyampaikan dengan semangatnya:

"Pak Rano, di puskesmas-puskesmas wilayah kami ini sekarang sudah dibangun jaringan komputer yang menghubungkan antar puskesmas. Saya bisa mendapatkan data riwayat kesehatan seorang pasien yang berobat ke puskesmas lain tanpa saya harus jauh-jauh kesana. Begitu juga jika ada petugas puskesmas lain yang membutuhkan data dari puskesmas saya maka sistem jaringan komputer yang akan mencarikannya, bukan saya.
Enak, cepat, praktis."

dr. Rano Indradi S, M.Kes. Dosen Universitas Karangturi (UNKARTUR) Semarang
dr. Rano Indradi S, M.Kes. Dosen Universitas Karangturi (UNKARTUR) Semarang (IST)

Konfidensialitas Rekam Medis (RM)

Saya segera menyadari bahwa telah terjadi kegembiraan dan kebanggaan yang keliru tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sarana pelayanan kesehatan, minimal di wilayah rekan puskesmas saya tadi.

Masuknya TIK dalam pelayanan kesehatan, khususnya dalam hal pengelolaan Rekam Medis, diharapkan akan mempermudah akses terhadap informasi pasien bagi yang berhak namun akan mempersulit bagi yang tidak berhak.

Prinsip dasar bahwa RM bersifat rahasia harus tetap berlaku, baik dalam bentuk kertas maupun (apalagi) dalam bentuk elektronik.

Kemudahan yang ditawarkan oleh kemampuan TIK tidak lantas menjadikan RM menjadi mudah, cepat, dan praktis bagi siapa saja yang mau menggunakan.

Kalau RM kertas tidak boleh dibaca oleh pihak yang tidak berhak, maka RM elektronik juga bersifat sama.

Jadi, hanya pihak tertentu saja yang boleh "masuk" dan mengetahui informasi dari RME.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved