Tiap Satker Ditjen Perbendaharaan Jateng Bakal Dibekali Kartu Kredit Bank Mandiri, Ini Tujuannya

1.200 satuan kerja pemerintahan di Jawa Tengah akan dibekali minimal dua kartu kredit untuk eksekusi pembelanjaan kegiatan pemerintahan.

Tiap Satker Ditjen Perbendaharaan Jateng Bakal Dibekali Kartu Kredit Bank Mandiri, Ini Tujuannya
ISTIMEWA
(Dari kiri ke Kanan) Maswar Purnama RCEO Mandiri Region 7/Jawa 2, Tavianto Noegroho Kakanwil Dirjen Kekayaan Negara Jateng-DIY dan Sulaimansyah Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Jawa Tengah usai menandatangani nota kerja sama, Rabu (27/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - 1.200 satuan kerja (satker) pemerintahan di Jawa Tengah akan dibekali minimal dua kartu kredit untuk eksekusi pembelanjaan kegiatan pemerintahan.

Dua kartu kredit itu yang pertama untuk belanja operasional dengan batas maksimal Rp 50 juta.

Kedua untuk belanja perjalanan dinas limit Rp 20 juta.

Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jawa Tengah, Sulaimansyah usai menghadiri pertemuan pelaksanaan kartu kredit untuk pemerintah bersama Bank Mandiri di S2 Ballroom, Candisari Kota Semarang, Rabu (27/3/2019).

"Beberapa tahun ini pemerintah mendorong transaksi non tunai termasuk di satker terkecil. Karena memegang uang tunai itu tingkat keamanannya kurang. Kemudian risiko fraudnya juga tinggi," terang Sulaimansyah seusai kegiatan.

Ia membeberkan setiap satker nantinya akan memegang minimal dua kartu kredit.

Rata-rata ada yang tiga hingga lima buah.

Kerja sama dengan bank diperlukan agar kartu kredit pemerintah bisa free, tidak ada biaya.

"Kami larang betul biaya, bahkan keterlambatan pembayaran itu kami tegur tapi tidak boleh kena denda juga. Yang bayar pemerintah harusnya tidak terlambat," tegasnya.

Selain Bank Mandiri, ada tiga bank lain yang diajak bekerja sama untuk mewujudkan kartu kredit pemerintah ini yakni BNI, BTN, dan BRI.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved