Asperindo Sebut Kargo Bus Lebih Murah 50 Persen Dari Kargo Udara

Data yang dihimpun dari Aperindo Jateng, selama satu bulan terakhir kargo melalui angkutan bus justru naik

Asperindo Sebut Kargo Bus Lebih Murah 50 Persen Dari Kargo Udara
Kargo_Bandara

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jateng mendapati kenyataan yang mengejutkan selepas tidak memprioritaskan kargo udara.

Data yang dihimpun dari Aperindo Jateng, selama satu bulan terakhir kargo melalui angkutan bus justru naik. Hal itupun dianggap menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan.

Ketua Asperindo Jateng, Tony Winarno menjelaskan potensi angkutan barang melalui bus penumpang dan bus kargo meningkat.

"Dari data asosiasi kami yang kami arahkan ke kargo udara menurun 50 persen dari sebelumnya dan beralih justru ke kargo bus dan bus penumpang," terang Tony saat ditemui di kantornya, Kamis (28/3/2019).

Pengalihan moda pengangkutan itu terjadi untuk paket-paket dengan tujuan kota-kota di pantura yang dilewati tol trans jawa.

"Karena ternyata kecepatannya hampir sama dengan udara. Dari Jakarta ke Semarang misalnya penerbangan memang cuma satu jam, tapi prosesnya barang masuk ke bandara sampai dan keluar lagi itu butuh waktu," beber Tony.

Sementara menurutnya dengan tujuan yang sama melalui kargo bus yang melewati tol trans jawa barang dikirim pukul 18.00, pukul 01.00 dini hari sudah sampai di Semarang.

"Kan sama saja kan pengiriman pesawat sampai hari berikutnya, pakai kargo bus juga hari berikutnya. Dan ternyata lebih murah. Jika kargo udara Rp 7500 per kilo, ini lebih murah hingga 50 persennya," ucapnya.

Oleh karena itu, Asperindo Jateng sepakat akan memaksimalkan kargo dengan bus. Terlebih sebelumnya mereka juga memiliki beberapa anggota Perusahaan Otobus (PO).

"Kami juga sudah ada PO Lorena, Rosalia, Haryanto, Nusantara, nah kargo bus ini akan kami bangkitkan lagi," tegas Tony. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved