Gubernur Mengajar di SMAN 2 Pati, Ganjar Ajak Siswa Tanggap Bencana

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Pati, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan melaksanakan program Gubernur Mengajar di SMAN 2 Pati, Rabu (2

Gubernur Mengajar di SMAN 2 Pati, Ganjar Ajak Siswa Tanggap Bencana
Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan melaksanakan program Gubernur Mengajar di SMAN 2 Pati, Rabu (27/3/019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dalam kunjungannya ke Kabupaten Pati, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan melaksanakan program Gubernur Mengajar di SMAN 2 Pati, Rabu (27/3/019).

Di hadapan ribuan pelajar SMA/sederajat dari berbagai sekolah di Kabupaten Pati, Ganjar menyampaikan materi tentang lingkungan dan kebencanaan.

Pada kegiatan tersebut, Ganjar didampingi oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Pati.

Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar, dan dinas terkait lainnya, Ganjar mengajak para pelajar untuk menyaksikan dan mempraktikkan langsung beberapa tindakan penanggulangan bencana dan operasi kemanusiaan. Antara lain mendirikan tenda darurat dan memadamkan kebakaran.

Tentang pembelajaran kebencanaan, menurut Ganjar, diperlukan tindakan proaktif sekolah untuk memasukkan materi penanggulangan bencana ke dalam proses pembelajaran.

"Ketika presiden menginginkan para siswa memahami kebencanaan, kita tidak bisa sekadar menunggu materi kebencanaan masuk dalam kurikulum resmi.

Kita bisa memasukkan banyak materi kebencanaan ke dalam pembelajaran. Guru bisa bercerita dalam pelajaran Geografi, Fisika, Kimia, Biologi, Agama, Kewarganegaraan, dan sebagainya. Masing-masing bercerita tentang bencana dari berbagai aspek," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, hari itu ia datang untuk memberikan edukasi pada pelajar dengan mengajak mereka berlatih langsung dalam proses penanggulangan bencana dan operasi kemanusian.

"Misalnya tadi mereka mempraktikkan cara memadamkan api dalam peristiwa kebakaran. Inilah learning by doing. Dengan begitu mereka pasti akan mengingat," ujar Ganjar.

Jika kegiatan seperti ini dilakukan di lingkungan sekolah secara berkelanjutan, Ganjar meyakini para siswa akan paham tentang penanggulangan bencana.

"Hal ini sangat penting. Sebab kita memang tinggal di daerah rawan bencana," tegasnya.(mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved