KPN Sapta Tunggal Bakal Dikelola Kopenda Kabupaten Pekalongan, Bupati Beralasan Agar Lebih Progresif

Pemkab Pekalongan akan serahkan pengelolaan KPN Sapta Tunggal Kabupaten Pekalongan, ke Koperasi Pegawai Negeri Kementerian Agama (Kopenda).

KPN Sapta Tunggal Bakal Dikelola Kopenda Kabupaten Pekalongan, Bupati Beralasan Agar Lebih Progresif
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopenda di Gedung Kopenda Kajen, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pemkab Pekalongan akan serahkan pengelolaan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Sapta Tunggal Kabupaten Pekalongan, ke Koperasi Pegawai Negeri Kementerian Agama (Kopenda).

Menurut Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, KPN yang dimiliki Pemkab Pekalongan itu dirasa kurang representatif.

"Dengan pengelolaan yang dilakukan Kopenda, kami berharap KPN Kabupaten Pekalongan progresnya bisa lebih baik," jelas Bupati Asip saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopenda di Gedung Kopenda Kajen, Kamis (28/3/2019).

Ia menjelaskan, ke depan pengelola koperasi bisa membuat usaha untuk memajukan dunia koperasi di Kabupaten Pekalongan.

"Silakan membuat usaha untuk memajukan koperasi. Kolam renang, hotel, atau restoran. Asal usaha tersebut kredibel pasti pemerintah akan membantu," jelasnya.

Kota Santri dalam peta perkembangan koperasi nasional, dikatakan Asip memiliki sejarah panjang serta progres yang baik.

"Koperasi merupakan solusi keluar dari jeratan perekonomian kapitalis. Itu dikarenakan koperasi mengusung nilai-nilai sosial," paparnya.

Dengan tetap menerapkan semboyan 'dari anggota untuk anggota', Asip yakin pengelolaan KPN Sapta Tunggal bisa lebih progresif.

"Kami ingin setelah dikelola Kopenda, nilai sosial dalam pengelolaan ekonomi model perserikatan tetap dipegang. Walaupun Sisa Hasil Usaha (SHU) yang didapat tiap anggota Kopenda saat ini Rp 750 ribu, dengan dorongan dari Pemkab Pekalongan semoga tahun depan bisa mencapai Rp 7,5 juta," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved