Unit Metrologi Kabupaten Batang Siapkan 'Kang Ujang' Tera Timbangan Hingga Pelosok

Kantor Unit Metrologi Kabupaten Batang belum lama ini diresmikan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto di Lapangan Kota Gasibu Bandung Jawa Barat.

Unit Metrologi Kabupaten Batang Siapkan 'Kang Ujang' Tera Timbangan Hingga Pelosok
ISTIMEWA
Suasana saat peresmian Kantor Unit Metrologi Kabupaten Batang dan daerah lainnya oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita di Lapangan Kota Gasibu Bandung Provinsi Jawa Barat, belum lama ini. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Kantor Unit Metrologi Kabupaten Batang belum lama ini diresmikan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita di Lapangan Kota Gasibu Bandung Provinsi Jawa Barat secara massal, seluruh Indonesia.

Wakil Bupati Batang Suyono bersama Kepala Dinas Perindustrian, Pedagangan, dan Koperasi Kabupaten Batang Suresmi ikut menyaksikan peresmian bersamaan peringatan Hari Konsumen Tingkat Nasional.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti kantor metrologi di seluruh Indonesia yang berjumlah 251 kantor unit.

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengatakan, diresmikanya Kantor Unit Metrologi akan mengakselerasi berbagai jenis pengukuran dan kalibrasi untuk beragai sektor.

"Peresmian Kantor Unit Metrologi lebih pada memberikan pelayanan kepada masyarakat atau konsumen, sehingga lebih dilindungi dalam pengukuranya atau tera," ujarnya dalam rilis.

Menurutnya, metrologi menjadi instansi yang bertanggungjawab dalam menjamin timbangan atau alat ukur yang dilakukan pedagang.

Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan, peresmian ini langkah baik pemerintah dalam memberikan pelayanan perlindungan terhadap konsumen dan masyarakat, sehingga tidak ada yang dirugikan.

"Pemkab Batang siap melayani dan memberikan yang terbaik untuk konsumen. Sebagaimana tema Hari Konsumen Nasional yaitu saatnya konsumen Indonesia berdaya," ujarnya.

Untuk mendukung itu, lanjutnya, Pemkab telah menyiapkan satu unit mobil metrologi dan petugas ukur bernama Kang Ujang, yang siap hadir jemput bola ke pasar maupun desa untuk menera alat timbangan.

"Kantor Unit Metrologi Kabupaten Batang sudah resmi. Dilengkapi peralatan dan petugasnya. Maka, layani dan lindungi konsumen serta masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan," pungkasnya. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved