Wakil Bupati Pati: Jadilah Pengusaha Jika Ingin Berpenghasilan Besar

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin berbagi pengalaman dan motivasi kepada peserta Raimuna Wilayah Binwil Pati, Kamis (28/3/2019).

Wakil Bupati Pati: Jadilah Pengusaha Jika Ingin Berpenghasilan Besar
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin membagikan pengalaman dan motivasi kepada peserta Raimuna Wilayah Binwil Pati dalam kegiatan bertema Millennial Entrepreneur: Peran Aktif Pemuda dalam Pembangunan Bangsa, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin berbagi pengalaman dan motivasi kepada peserta Raimuna Wilayah Binwil Pati dalam kegiatan bertema 'Millennial Entrepreneur: Peran Aktif Pemuda dalam Pembangunan Bangsa', Kamis (28/3/2019).

Bertempat di Aula Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, kegiatan tersebut diikuti sekitar 100 peserta yang merupakan kontingen pramuka penegak dan pandega dari Pati, Kudus, Jepara, Rembang, dan Blora.

Raimuna Wilayah Binwil Pati kali ini dipusatkan di eks-Rumah Dinas Kepala Bakorwil Pati.

Pelaksanaannya selama tiga hari, yakni 27-29 Maret 2019.

Di hadapan para peserta, Saiful Arifin menegaskan manfaat kepramukaan tidak hanya terasa ketika masih muda, melainkan juga masa-masa mendatang.

"Jangan dikira kegiatan ini bermanfaat hanya ketika sekolah. Ketika sudah lulus sekolah juga bermanfaat," tegas Safin, panggilan akrabnya.

Dalam kesempatan tersebut, Safin mengisahkan perjuangannya memulai bisnis dari level bawah secara susah payah.

"Saya pernah jual bensin eceran ketika masih sekolah. Selain itu, pada malam hari saya juga usaha sampingan tambal ban," kisah Safin.

Dengan kisah yang ia tuturkan, Safin memberi inspirasi kepada para kontingen pramuka tersebut, dengan usaha yang gigih dan diiringi strategi tepat, dirinya yang dahulu hanya usaha tambal ban, kini telah menjadi pengusaha besar di bidang telekomunikasi dan perhotelan.

Safin mengaskan, untuk meraih cita-cita, pemuda harus percaya diri dan kuat.

Selain itu menerima jatuh-bangun dalam berusaha sebagai bagian dari proses pembelajaran.

Safin juga memotivasi peserta untuk menjadi pengusaha yang baik.

Namun, ia juga mempersilakan peserta untuk menekuni bidang profesi yang lain.

"Kalau mau dapat penghasilan besar, jadilah pengusaha. Berwirausahalah. Namun, apabila ingin mengabdi, jadilah guru, TNI, polisi dan sebagainya. Bagaimanapun, kehidupan di lapangan menjadi tempat pembelajaran yang sebenarnya," pungkasnya. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved