90 Persen Penderita TBC di Batang Dapat Sembuh Total

Tuberkulosis (TB) atau yang juga dikenal dengan “TBc” merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia.

90 Persen Penderita TBC di Batang Dapat Sembuh Total
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Wakil Bupati Batang, Suyono 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG --Tuberkulosis (TB) atau yang juga dikenal dengan “TBc” merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia.

Hari TBC sedunia diperingati pada 24 Maret setiap tahun ditujukan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang kasus TBc yang semakin meningkat jumlahnya.

Pasalnya hampir semua daerah terindikasi adanya penderita TBc, termasuk Kabupaten Batang.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari TBC Sedunia di antaranya kegiatan jalan sehat dan senam bersama, Jumat (29/3/2019).

Kegiatan paeringatan hari TBc mengusung tema nasional "Saatnya Indonesia Bebas TBC Mulai Dari Saya”.

Diikuti oleh perwakilan dari seluruh Puskesmas, OPD, pelajar dan masyarakat.

"Alasannya kami ingin menggerakan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama membebaskan diri dari TB," tutur Wakil Bupati Batang, Suyono.

Suyono mengatakan untuk mencapai Indonesia bebas TBc diperlukan sinergitas dari segala sektor, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak swasta.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hidayah Bhasbet mengatakan, kegiatan jalan sehat hari ini merupakan rangkaian terkahir dari peringatan hari TBC Sedunia.

Sebelumnya Dinas Kesehatan sudah melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi dan penjaringan kasus TBC di Kecamatan Wonotunggal, Rutan Rowobelang, sosialisasi sekaligus pembagian masker di RSUD Kalisari kepada para pengunjung dan sosialisasi TBC melalui siaran radio.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved