Ganjar Ajak Ribuan Warga Bersihkan Keraton Kasunanan

Dia membersihkan lumut dan rumput liar yang menyelimuti bangunan dalam sisi atas menara

Ganjar Ajak Ribuan Warga Bersihkan Keraton Kasunanan
Istimewa
Gubernur Jawa Tengah menyapu anak tangga menara lonceng area Kamandungan Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat (29/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membersihkan beberapa sudut area dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat (29/3/2019).

Ganjar menyapu lumut yang menempeli anak tangga menara lonceng bangsal Wisamarta, kawasan Kamandungan Lor (utara). Dulu, bangsal itu merupakan tempat jaga pengawal istana.

Dia membersihkan lumut dan rumput liar yang menyelimuti bangunan dalam sisi atas menara.

Tiba di atas menara, Ganjar sempat membunyikan lonceng hitam.

Dia didampingi Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochammad Effendi.

"Hari ini kita gelar resik-resik Keraton Surakarta Hadiningrat. Ini ribuan masyarakat kumpul, untuk bersama-sama membuat Keraton Surakarta jadi bersih dan kinclong," kata Ganjar.

Gelar bersih-bersih keraton itu, kata Ganjar, merupakan bentuk ucap syukur.

Menurutnya, Keraton Kasunanan sempat terlibat konflik internal sekian lama.

"Kini semua pihak telah sepakat untuk berdamai. Hal ini sangat baik, karena membuat sistem pemerintahan di Keraton Surakarta akan kembali berjalan. Lalu kami gelar resik-resik keraton ini," ucapnya.

Ganjar berujar giat bersih-bersih itu juga menjadi titik awal kebangkitan Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai pusat peradaban, kebudayaan, penelitian dan pariwisata.

Dia juga berjanji pemerintah provinsi akan mengerahkan bantuan administrasi, personil, anggaran, perencanaan pembangunan dan sebagainya.

Gubernur juga menyerahkan bantuan keuangan Rp 225 juta kepada Keraton Kasunanan.

Bantuan itu diterima Kanjeng Ratu Paku Buwono XIII. (Daniel Ari Purnomo)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved