Hari Ini Menhub Umumkan Tarif Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan regulasi baru terkait harga tiket pesawat akan diumumkan hari ini,

Hari Ini Menhub Umumkan Tarif Pesawat
AFP PHOTO/GETTY IMAGES/STEPHEN BRASHEAR
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan regulasi baru terkait harga tiket pesawat akan diumumkan hari ini, Jumat (29/3).

"Hari ini kita finalisasi, kalau segala sesuatunya sudah selesai, kita akan rilis besok,” ujar Budi di Jakarta, Kamis (28/3).

Menurut Budi, dalam menyusun diperlukan ketentuan, sehingga perlu waktu untuk mengumumkannya ke publik. Dia mengatakan tidak ada hambatan yang berarti dalam penyusunan regulasi tarif baru penerbangan.

"Bukan kendala. Kalau membat sesuatu kan ada tangannya, ada kakinya, kan musti lengkap. Konstruksi hukumnya kita lengkapi, jadi bisa kita pastikan besok kita sampaikan," ucapnya.

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu membeberkan nantinya aturan baru akan lebih banyak mengatur soal sub class pada tiket pesawat. Maksudnya, dalam satu penerbangan terdapat beberapa jenis kelas dan tarif penerbangan yang berbeda. Dia berharap langkah itu bisa memecahkan polemik terhadap tarif tiket pesawat.

“Aturan ini akan lebih banyak soal sub class (pesawat). Dengan dasar itu, kami berpijak untuk merampungkan regulasi itu. Insya Allah bisa memberikan suatu kondisi win win (solution) antara masyarakat dan maskapai,” kata Budi.

Pemerintah berkomitmen untuk melindungi konsumen dengan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

”Sekarang dasarnya di Undang-Undang dijelaskan bahwa pemerintah untuk mengembangkan ekonomi memiliki hak untuk melindungi konsumen,” kata Menhub.

Pada hari yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membantah ada paksaan dari pemerintah kepada maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Dia menjelaskan, pemerintah menggelar rapat yang digelar pada Senin (26/3). Rapat dipimpin Luhut dan dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta pihak maskapai penerbangan. Rapat itu, kata Luhut, menekankan pada persoalan teknis di industri penerbangan.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved