Hendi Harapkan Masyarakat Semarang Paham Proses Pencoblosan dalam Pemilu 2019

Menyukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada 17 April, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menghadiri simulasi Pemilu di Kelurahan Gunungpati

Hendi Harapkan Masyarakat Semarang Paham Proses Pencoblosan dalam Pemilu 2019
IST
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau simulasi Pemilu 2019 di Kelurahan/Kecamatan Gunungpati 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai bagian dari upaya menyukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada 17 April mendatang, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menghadiri simulasi Pemilu di Kelurahan Gunungpati, beberapa waktu lalu.

Pada acara tersebut, disimulasikan secara detail pelaksanaan Pilpres dan Pileg mulai dari proses pendaftaran, pembagian 5 surat suara, pencoblosan, pemberian tinta biru, proses penghitungan hingga proses pengamanan.

Pemilu tahun ini bisa dibilang istimewa jika dibandingkan dengan Pemilu-pemilu sebelumnya.

Pada pemilu tahun 2019 ini, masyarakat sekaligus akan menentukan 5 pilihan mulai dari presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi serta DPRD Kota/ Kabupaten. 

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi KPU dan Polrestabes ini. Pelaksanaan pesta demokrasi nanti kurang lebih akan sama seperti pada silmulasi ini," ungkap Hendi, sapaan akrabnya.

Bedanya, lanjut Hendi, untuk kertas suara pada simulasi partai dan calonnya tidak menggunakan simbol partai sesungguhnya.

Tetapi secara proses dan tahapan pelaksanaan hampir sama persis. 

Dengan adanya simulasi ini, lanjut Hendi, masyarakat akan lebih paham apa yang akan dilakukan mulai dari datang, pendaftaran, hingga selesai.

Diharapkan dengan tingginya pemahaman masyarakat, proses pemilu serentak akan berlangsung aman, lancar dan kondusif tanpa kendala berarti.

Sementara dari sisi KPU sebagai penyelenggara, Hendi yakin dengan seringnya melakukan simulasi diharap akan mendapat gambaran riil pelaksanaan pemilu sehingga perangkat pun semakin terlatih dan lancar. 

Halaman
123
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved