Merger Bank Syariah BUMN Masih Perencanaan

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) tengah menyusun rencana pembentukan bank syariah milik negara.

Merger Bank Syariah BUMN Masih Perencanaan
tribunjateng/dok
MANDIRI SYARIAH 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) tengah menyusun rencana pembentukan bank syariah milik negara. Keempat bank tersebut Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah dan Unit Usaha Syariah BTN.

Direktur Eksekutif KNKS, Ventje Rahardjo menyatakan, ada beberapa opsi terkait yang bisa ditempuh terkait dengan pembentukan bank syariah pelat merah tersebut.

"Pertama, keempat bank tetap berdiri masing-masing dan dikembangkan secara organik. Kedua, keempat bank dilebur menjadi satu bank. Ketiga, membentuk bank syariah baru dengan berskala besar," katanya.

Pembentukan bank syariah milik pemerintah itu ditargetkan kelar pada 2020, atau 5 tahun setelah Masterplan Aksi Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI) dirilis pada 2015 lalu. Saat ini, KNKS masih mendorong agar bank BUMN syariah dapat meluaskan pangsa pasar mereka.

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati berpendapat, merger itu akan membentuk satu bank syariah yang saling melengkapi, sehingga eksistensinya akan memercepat pertumbuhan market share dan literasi perbankan syariah. (Kontan/Anggar Septiadi/Arfyana Rahayu)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved