Pendaftar Calon Anggota Polri Capai 73 Orang di Polres Salatiga

Masa pendaftaraan penerimaan calon anggota polri tahun 2019 secara resmi ditutup Kamis (28/3/2019) kemarin.

Pendaftar Calon Anggota Polri Capai 73 Orang di Polres Salatiga
TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
Peserta calon anggota polri sedang mengikuti tes administrasi berupa pengecekan keaslian dokumen di Mapolres Salatiga, Jumat (29/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA -- Masa pendaftaraan penerimaan calon anggota polri tahun 2019 secara resmi ditutup Kamis (28/3/2019) kemarin. Sejak dibuka mulai 5 Maret lalu jumlah pendaftar di Polres Salatiga mencapai 73 orang.

Kasubag Humas Polres Salatiga AKP Joko Lelono mengatakan dari total pendaftar yang ada tiga diantaranya dinyatakan tidak lolos lantaran terkendala tinggi badan. Menurut Joko, sebelumnya para calon anggota polri diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui portal resmi.

“Setelah mereka mendaftar ke situs www.penerimaan.polri.go.id, dengan mengisi data sesuai yang tersedia disana. Kemudian, menukarkan bukti registrasi online beserta berkas pendaftaran,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Jumat (29/3/2019)

Dikatakan AKP Joko, setelah beberapa proses itu dilewati para pendaftar mereka harus mengikuti tahap verifikasi tujuannya menyesuaikan data saat mendaftar online dengan kenyataan. Pada saat itu, dilakukan pencocokan tinggi badan dan berat badan sesuai formulir apa tidak apabila lolos petugas Bag Sumda Polres Salatiga meneruskan ke Polda Jateng.

“Sementara hasil proses seleksi Polres Salatiga kami ambil sebanyak 70 orang. Mereka ini dinyatakan lolos administrasi artinya cocok data diportal dengan kenyataan. Hanya saja sebelum diteruskan ke Polda Jateng harus dilakukan pengecekan ulang terutama keaslian dokumen,” katanya

Ia menambahkan, syarat administrasi yang harus dipenuhi pendaftar ialah melengkapi dokumen ijazah, kartu keluarga, KTP, akta kelahiran dan lain sebagainya karena itu pada hari ini dilakukan pemeriksaan ulang dari dinas terkait. Tujuannya kata dia, supaya diketahui beberapa dokumen itu asli atau palsu.

Joko menerangkan, setelah semuanya itu selelsai diikuti seluruh 70 pendaftar yang lolos dianggap lolos pada tahap awal mereka berhak maju dan mengikuti seleksi calon anggota polri berikutnya melalui Polda Jateng.

“Pada tahun ini polri membuka pendaftaran menjadi abdi negara melalui institusi kepolisian baik Akpol, Bintara, dan Tamtama bagi masyarakat umum dan kesemuanya itu gratis,” jelasnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved