Respon Putusan MK Soal Syarat Pemilih di Pemilu, Disdukapil Kota Semarang Buka Layanan di Hari Libur

Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan bahwa KTP-elektronik dan Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP-el sebagai syarat wajib bagi pemilih

Respon Putusan MK Soal Syarat Pemilih di Pemilu, Disdukapil Kota Semarang Buka Layanan di Hari Libur
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memastikan jika seluruh pembuatan E-KTP yang sempat tertunda di tahun 2016 dan 2017 akan segera tuntas 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan bahwa KTP-elektronik dan Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP-el sebagai syarat wajib bagi pemilih di Pemilu 2019.

Putusan ini diketok Kamis(28/3), setelah sebelumnya diajukan permohonan uji materi pada Pasal 348 ayat (9) UU 7 tahun 2017, terkait dengan penggunaan KTP-el sebagai syarat mencoblos.

Putusan MK tersebut dirasakan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) sangat adil dan progresif.

Sebab, keputusan itu mendorong terwujudnya ketunggalan data penduduk sesuai dengan semangat mewujudkan Single Identity Number(SIN) dan semangat tertib administrasi kependudukan.

Dengan putusan ini diharapkan, masyarakat yang belum merekam mau segera pro aktif datang ke dinas dukcapil.

Saat ini sebanyak 98% wajib ktp-el sudah melakukan perekaman data. Hanya tersisa 2 persen yang belum merekam.

Jumlah 2 persen ini wajib melakukan perekaman agar bisa mencoblos. Bila masyarakat ini merekam, pasti suket diterbitkan, dalam hal KTP-el nya sudah status print ready record, maka KTP-elnyalangsung dicetakkan.

Dengan penggunaan KTP-el, dapat dipastikan arah penunggalan data kependudukan menjadi lebih pasti.

Keuntungannya, daftar pemilih akan terbebas dari data ganda karena data kependudukan Dukcapil Kemendagri tercatat by name by address dan telah dikonsolidasikan.

Terhadap putusan tersebut, Ditjen Dukcapil langsung merespons dengan menginstruksikan unit pelayanan administrasi kependudukan di daerah tetap melakukan pelayanan di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya. 

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved