Cegah BAB Sembarangan, Pemkab Pekalongan Gelontorkan Anggaran Rp 11 Miliar

Untuk menangani masalah ini, pada tahun 2019 ini dianggarkan sekitar 11 Milyar dalam rangka pemenuhan sarana sanitasi.

Cegah BAB Sembarangan, Pemkab Pekalongan Gelontorkan Anggaran Rp 11 Miliar
IST
Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti dalam Penandatanganan Komitmen Bersama Cegah BAB Sembarangan, Senin (1/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Di beberapa wilayah Kabupaten Pekalongan masih ditemui warga yang belum sadar akan bahaya buang air besar (BAB) sembarangan.

Menurut data Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan, diperkirakan masih ada sekitar 19,39% masyarakat yang masih buang air besar sembarangan.

“Kabupaten Pekalongan sendiri mendapat urutan ke-32 dari 35 kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Ini menunjukan kita harus benar-benar menangani masalah ini secara serius bersama-sama. Bukan hanya dinas kesehatan saja melainkan semua lapisan masyarakat, guna mencapai target nasional, “ terang Wakil Bupati Arini Harimurti dalam Penandatanganan Komitmen Bersama Cegah BAB Sembarangan, Senin (1/4/2019).

Sesuai data ada 29 desa yang bebas dari buang air besar sembarangan, sementara masih ada 256 KK yang belum terbebas dari buang air besar sembarangan.

Untuk menangani masalah ini, pada tahun 2019 ini dianggarkan sekitar Rp 11 miliar dalam rangka pemenuhan sarana sanitasi.

“Untuk itu, masing-masing desa diharapkan dapat melaksanakan dengan baik,” terangnya.

Menurut Arini, buang air besar itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit menular sehingga hal ini perlu segera diatasi guna mengubah kebiasaan buruk masyarakat kita.

“Dan pada kegiatan hari ini saya berharap kita semua dapat mengidentifikasi apa penyebab orang melakukan buang air besar sembarangan,” terangnya.

Untuk itu harus diupayakan penanggulangannya guna mencapai daerah yang bebas buang air besar sembarangan guna mensukseskan program SBS.

Dengan adanya program dari pemerintah terkait jamban keluarga ini, dapat mengubah masyarakat berpola hidup sehat dan tidak buang air besar sembarangan lagi.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved