Hendi Targetkan Gedung Parkir Kawasan Oleh-Oleh Pandanaran Rampung September

Pembangunan Gedung Parkir di kawasan oleh-oleh Pandanaran Kota Semarang yang menjadi satu dengan Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang

Hendi Targetkan Gedung Parkir Kawasan Oleh-Oleh Pandanaran Rampung September
ISTIMEWA
Pembangunan Gedung Parkir di kawasan oleh-oleh Pandanaran Kota Semarang yang menjadi satu dengan Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang memasuki tahap topping off. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pembangunan Gedung Parkir di kawasan oleh-oleh Pandanaran Kota Semarang yang menjadi satu dengan Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang memasuki tahap topping off.

Gedung 10 lantai yang dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang itupun ditargetkan dapat rampung dikerjakan pada bulan September tahun ini, meskipun dalam kontrak pembangunan sendiri akhir kontrak ditetapkan di bulan Desember.

Gedung parkir tersebut pun diyakini sebagai sebuah pembangunan monumental.

Dengan perkembangan sektor pariwisata Kota Semarang yang pesat, Pemerintah Kota Semarang dituntut mampu memberikan solusi atas kebutuhan lahan parkir di sentra pusat oleh - oleh tersebut.

Adapun area parkir dalam gedung parkir Pandanaran akan dibagi dalam dua area, yaitu area parkir basement dan area parkir lantai 3 hingga 7.

Setiap lantai digadang-gadang memiliki kapasitas 150 kendaraan, baik mobil dan motor.

Sehingga total Pemerintah Kota Semarang optimis jika gedung parkir yang dibangun tersebut dapat menampun sekitar 900 kendaraan.

Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi yang hadir dalam kegiatan seremonial topping off bercerita.

Periode tahun 2011 dirinya mengamati jika pusat oleh-oleh Pandanaran di Kota Semarang dapat menjadi salah satu titik pengembangan kota yang paling dilematis.

Pasalnya sebagai kawasan emas Kota Semarang dengan potensi perputaran ekonomi tinggi, kawasan Pandanaran berada pada jalan protokol yang akan dikeluhkan masyarakat jika terjadi kemacetan.

Benar saja, seiring dengan perkembangan sektor pariwisata Kota Semarang, wisatawan yang berbelanja oleh-oleh di kawasan Pandanaran itu pun semakin membludak, sehingga menimbulkan dampak kemacetan karena banyakan parkir kendaraan di bahu jalan.

“Di satu sisi ekonomi memang tumbuh dengan baik, tapi sisi lain warga jadi terganggu. Maka pembangunan tempat parkir ini saya rasa menjadi solusi pengembangan kawasan oleh-oleh Pandanaran," tegas Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut, Senin (1/4/2019). 

Ke depan, Pemerintah Kota Semarang juga merencanakan untuk Gedung Parkir Pandanaran dapat langsung tersambung ke titik pusat oleh - oleh di kawasan tersebut melalui sebuah sky bridge.

Nantinya pengunjung yang mengakses kawasan pusat oleh - oleh dari gedung parkir juga akan difasilitasi lift untuk mempermudah.

Di sisi lain, dari 10 lantai yang terdapata pada Gedung Parkir Pandanaran tersebut, lantai 1 dan 2 akan digunakan sebagai Puskesmas Pandanaran, sedangkan lantai 8 hingga 10 akan difungsikan sebagai Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang.(*)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved