Prabowo Sempat Sebut Dirinya Punya Trah Banyumas saat Debat Capres, Ini Faktanya

Dalam orasinya Prabowo juga menyinggung kembali bahwa dia adalah trah Banyumas tulen

Prabowo Sempat Sebut Dirinya Punya Trah Banyumas saat Debat Capres, Ini Faktanya
Tribunjateng.com/Permata Putra Sejati
Orasi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam kampanye akbar di GOR Satria Purwokerto, Senin (1/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Nama Banyumas sempat di ucapkan oleh Prabowo dalam debat ke-4 Capres pada Sabtu, (30/3/2019) lalu.

Prabowo mengaku masih memiliki keturunan darah Banyumas - Minahasa.

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di lokasi untuk mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di lokasi untuk mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Oleh karena itu, ucapannya yang terkesan keras dan lantang dianggap wajar sebab warga Banyumas adalah versi Bataknya Jawa.

Dalam kampanye terbukanya yang digelar di GOR Satria Purwokerto, Senin (1/4/2019) Prabowo kembali mengatakan dirinya adalah putra asli Banyumas.

Sehingga mengajak agar seluruh warga di Banyumas dapat memilihnya dalam pilpres 17 April nanti.

"Prabowo bisa dikatakan mendapatkan darah Banyumas berasal dari kakeknya yang bernama Margono Djojohadikoesoemo (pendiri Bank Negara Indonesia) yang lahir pada 16 Mei 1894 di Purwokerto.

Margono Djojohadikoesoemo sendiri adalah cucu buyut dari Raden Tumenggung Banyakwide," ungkap Soedarmaji seorang sejarawan Banyumas kepada Tribunjateng.com, Senin (1/4/2019).

Soedarmaji mengatakan jika Raden Tumenggung Banyak Wide lebih dikenal sebagai pengikut setia dari Pangeran Diponegoro.

Raden Tumenggung Banyak Wide memang memiliki garis keturunan dari pejabat wilayah Banyumas.

Seperti Raden Tumenggung Mertayuda (Adipati Banyumas ke-4), hingga Raden Joko Kaiman atau Adipati Mrapat (Adipati pertama Banyumas).

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved